Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Gaya Hidup Hedonisme

Authors

  • Atika Universitas Binawan
  • Santi Afriyani Universitas Binawan
  • Nur Fitriyani Sahamony Universitas Binawan

DOI:

https://doi.org/10.54771/jmbd.v2i1.1091

Keywords:

Literasi Keuangan, Gaya Hidup Hedonisme, Mahasiswa, Universitas Binawan

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku gaya hidup hedonisme mahasiswa Universitas Binawan. Sampel ini diambil dari Mahasiswa aktif Universitas Binawan dari semua angkatan aktif di periode 2021-2022. Pemilihan sampel yaitu pada kalangan mahasiswa karena berada dalam masa pembentukan identitas. Jenis data yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan dan berhubungan dengan masalah yang diteliti. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Skala Likert. Indikator yang digunakan pada literasi keuangan (variabel X) mencakup pengetahuan keuangan, perilaku keuangan, sikap keuangan, keterampilan keuangan, dan tingkat keyakinan. Indikator yang digunakan pada gaya hidup hedonisme (variabel Y) mencakup kegiatan, minat, dan opini. Hasil penelitian yang menggunakan perhitungan statistik melalui aplikasi Statistical Package for the Social Science (SPSS) versi 26 menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku gaya hidup hedonisme mahasiswa Universitas Binawan.

 

Kata kunci: Literasi keuangan, Gaya hidup hedonisme, Mahasiswa, Universitas Binawan.

 

Abstract: This study aims to determine the effect of financial literacy on the hedonistic lifestyle behavior of Binawan University students. This sample was taken from active Binawan University students from all active batches in the 2021-2022 period. The sample selection is among students because they are in a period of identity formation. The type of data used in this quantitative research is primary data obtained from questionnaires distributed and related to the problem under study. The research instrument used in this study uses the Likert Scale method. The indicators used in financial literacy (variable X) include financial knowledge, financial behavior, financial attitude, financial skills, and level of confidence. The indicators used in the hedonism lifestyle (variable Y) include activities, interests, and opinions. The results of the study using statistical calculations through the Statistical Package for the Social Science (SPSS) version 26 application show that financial literacy has a positive and significant effect on the hedonistic lifestyle behavior of Binawan University students.

 

Key words: Financial literacy, Hedonistic lifestyle behavior, College students, Binawan University.

References

Aftech. (2020). Indonesia Fintech Report.

Arinda, D. (2021). Konformitas Dengan Gaya Hidup Hedonisme Pada Mahasiswa. Psikoborneo, 9(3), 528–534.

Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). An Analysis of Personal Financial Literacy Among College Students. JAI Press.Inc, 7(2).

Dewi, N. L. P. K., Gama, A. W. S., & Astiti, N. P. Y. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Hedonisme, dan Pendapatan Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa UNMAS. EMAS, 2(3).

DSR. (2019). Fintech Report.

Fauzia, A. N., & Nurdin. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus pada mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Islam Bandung angkatan 2015). Spesia (Prosiding Manajemen), 5(1).

Gay, L. R., & Diehl, P. L. (1992). Research Methods for Business and Management. Mc. Millan Publishing Company.

Gultom, B. T., Renol, S., & Siagian, L. (2022). Dampak Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa (Studi Kasus di Universitas Hkbp Nommensen Pematang Siantar). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(1).

Harnovinsah, Sopanah, A., & P. Sari, R. (2020). Bunga Rampai Akuntansi Publik (Isu Kontemporer Akuntansi Publik). Unitomo Press.

Lestari, N. T., & Faizin, M. (2022). Pengaruh Konsep Diri, Gaya Hidup dan Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(2), 229–244.

Litamahuputty, J. V. (2020). Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Politeknik Negeri Ambon. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(1), 83–89.

Marganingsih, A., & Pelipa, E. D. (2022). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(2), 89–100.

OECD. (2019). PISA Financial literacy assesment report.

Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Peningkatan literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen dan/atau Masyarakat (76 /POJK.07/2016). https://ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/regulasi/peraturan-ojk/Documents/Pages/POJK-tentang-Peningkatan-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-di-Sektor-Jasa-Keuangan-Bagi-Konsumen-dan-atau-masyarakat/SAL - POJK Literasi dan Inklusi Keuangan -.pdf

Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Literasi Keuangan.

Purnomo, H., & Ichsannudin. (2021). Monograf : Analisis Gaya Hedonis, Status Sosial, Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek. Media Sains Indonesia.

Rohmanto, F., & Susanti, A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Lifestyle Hedonis, dan Sikap Keuangan Pribadi Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnsi Dan Manajemen), 8(1).

Sarwono, S. W. (2013). Psikologi Remaja. Rajawali Pers.

Sedarmayanti, Rusilowati, U., & Sunarsi, D. (2021). Knowledge Management. Cipta Media Nusantara.

Setiawan. (2017). Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Indonesia. Rajawali Pers.

Wajdi, F., & Lubis, S. K. (2019). Etika Profesi Hukum (Edisi Revisi). Sinar Grafika.

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Gaya Hidup Hedonisme. (2023). Jurnal Manajemen & Bisnis Digital, 2(1), 89-102. https://doi.org/10.54771/jmbd.v2i1.1091