Motivasi Berprestasi Dipengaruhi oleh Dukungan Sosial Keluarga

Authors

  • Ratnasartika Aprilyani

DOI:

https://doi.org/10.54771/jmbd.v2i1.1156

Keywords:

Harga diri, Dukungan sosial keluarga, Motivasi Berprestasi

Abstract

Abstrak: Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap motivasi berprestasi. Motivasi berprestasi berfungsi sebagai pendorong individu untuk mencapai tujuan atau kesuksesan yang diharapkan. Tinggi dan rendahnya motivasi berprestasi dapat terlihat dari usaha dalam mencapai tujuan dan juga dapat terlihat dari bentuk keberhasilan yang telah dicapai. Motivasi berprestasi dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya dukungan sosial keluarga. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian sebanyak 106 mahasiswa yang berasal dari kampus di wilayah Jakarta. Pengumpul data yang digunakan berupa skala dukungan sosial keluarga dan skala motivasi berprestasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh dari ketiga variabel dan diolah dengan SPSS versi 24. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) dapat disimpulkan bahwa variabel dukungan sosial keluarga secara signifikan berpengaruh terhadap variabel motivasi berprestasi pada mahasiswa. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,387 menunjukkan secara simultan variabel dukungan sosial keluarga dapat mempengaruhi motivasi berprestasi sebesar 38,7%.

 

Kata kunci: Dukungan sosial keluarga, Motivasi berprestasi, Mahasiswa.

 

Abstract: This research aims to determine the effect of family social support on achievement motivation. Achievement motivation functions as an incentive for individuals to achieve the expected goals or success. High and low achievement motivation can be seen from efforts to achieve goals and can also be seen from the form of success that has been achieved. Achievement motivation is influenced by several things, including family social support. This research includes quantitative research with research subjects of 106 students from campuses in the Jakarta area. Data collectors used were a family social support scale and an achievement motivation scale. This research uses multiple linear regression analysis techniques to determine the influence of the three variables and is processed using SPSS version 24. Based on the results of the analysis, a significance value of 0.000 (p<0.05) can be concluded that the family social support variable significantly influences the achievement motivation variable. to students. The coefficient of determination (R2) of 0.387 shows that simultaneously the family social support variable can influence achievement motivation by 38.7%.

 

Key words:  Family social support, Achievement motivation, Students.

References

Amseke, F. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 65–81. https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/17

Anggraini, R. M. (2021). Fenomena Pendidikan di Indonesia dalam Perspektif Filsafat. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/refi00574/61c9387906310e478e6d98a3/fenomena-pendidikan-di-indonesia-dalam-perspektif-filsafat

Azwar, S. (2018). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar.

Basriyanto, D., Putra, A. A., & Thahroni. (2019). Dukungan Orang Tua terhadap Motivasi Berprestasi Pada Atlet Muda Sepakbola Di Pekanbaru. Psychopolytan (Jurna Psikologi), 2(2), 70–75. http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/psi/article/view/835

Creswell, J. W. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods. SAGE Publications Inc.

Damanik, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 51–55. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.252

Feist, J., & Feist, G. J. (2018). Theories of Personality. McGraw- Hill.

Handayani, I. (2020). APK Perguruan Tinggi Indonesia Masih Rendah. Berita Satu. https://www.beritasatu.com/nasional/685335/apk-perguruan-tinggi-indonesia-masih-rendah

Jenny Marcela Salamor, & Noya, M. D. A. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Universitas Hein Namotemo Halmahera Utara. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 5(1).

Manurung, A. (2021). Hubungan karakteristik dosen, pola asuh orangtua, dan peer group dengan konsep diri self esteem remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ), 9(1), 61–68. http://103.97.100.145/index.php/JKJ/article/view/6742/pdf

Nurjannah, L., Purwadi, & Yuzarion. (2022). Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Dampak Pandemi Covid-19. Psyche 165 Journal, 15(1), 13–18. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v15i1.144

Parahita, N. W. (2021). Pendidikan, Pandemi, dan Disparitasnya. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/nabilawigiparahita0978/6167d962df66a74b7e51b4b2/pe?page=2&page_images=2

Prasetiani, A. tri, & Setianingrum, M. E. (2020). Hubungan Antara Self-Regulation Dengan Kecenderungan Adiksi Game Online Pada Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Teknologi Informasi, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.52643/jti.v6i1.635

Rifky Nurazmi, K. K. (2017). MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI RENDAH MELALUI KONSELING BEHAVIOR TEKNIK SELF-MANAGEMENT Rifky. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(October 2014), 4–7. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/download/13516/8378

Silvania, O., & Anantasari, M. L. (2022). Hubungan antara Dukungan Sosial Keluarga dan Adaptabilitas Karir pada Mahasiswa Tingkat Akhir. In Suksma: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma (Vol. 3, Issue 1, pp. 57–71). https://doi.org/10.24071/suksma.v3i1.4519

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Syah, M. (2017). Psikologi Belajar (15th ed.). Rajawali Pers.

TNP2K. (2019). Menanggulangi kemiskinan dan mengurangi kesenjangan.

Wahyuningtyas, I. V. (2013). Hubungan Orientasi Tujuan Dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa. Educational Psychology Journal, 2(1), 22–29. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj/article/view/2582

Wulandari, E. C. (2021). Hubungan Self-esteem dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Pattani di UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Motivasi Berprestasi Dipengaruhi oleh Dukungan Sosial Keluarga. (2023). Jurnal Manajemen & Bisnis Digital, 2(1), 103-119. https://doi.org/10.54771/jmbd.v2i1.1156