Analisis Pemberian Potongan Harga dan Bonus di Platform E-commerce yang Berdampak pada Perilaku Pembelian Konsumen

Authors

  • Hanif Aulawi Program Studi Manajemen Universitas Binawan

DOI:

https://doi.org/10.54771/c33pd704

Keywords:

Bonus, Diskon, E-commerce, Perilaku Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian potongan harga dan bonus terhadap perilaku pembelian konsumen dalam platform e-commerce.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif serta menggunakan teknik non-probability samplingdalam pengambilan sampel. Hasil analisis menunjukkan bahwa potongan harga dan bonus secara parsial memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen, menunjukkan bahwa konsumen cenderung lebih condong untuk melakukan pembelian ketika diberikan insentif tersebut.Secara simultan, potongan harga dan bonus juga memiliki dampak positif dan signifikan, menegaskan bahwa kombinasi keduanya dapat meningkatkan motivasi pembelian konsumen secara bersamaan. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0.34 mengindikasikan bahwa sekitar 34% variasi dalam perilaku konsumen dapat dijelaskan oleh variabel potongan harga dan bonus. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman strategis bagi pelaku industri e-commerce, memungkinkan mereka merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan meningkatkan daya tarik platform mereka dengan memahami secara mendalam bagaimana potongan harga dan bonus memengaruhi perilaku pembelian konsumen.

References

Adnan. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 7(2). https://journal.unimal.ac.id/visi/article/view/354

Arlia Putri, P., Suryani, W., & Tawila Berampu, L. (2023). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan E-Commerce Shopee Di Kecamatan Medan Sunggal. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 4(1), 30–39. https://doi.org/10.31289/JIMBI.V4I1.1578

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Novitasari Nainggolan, & Taufik Parinduri. (2020). Pengaruh Potongan Harga Dan Bonus Terhadap Pembelian Konsumen Minimarket Indomaret Serbelawan: the Effect of Discounts and Bonuses on Purchases of Indomaret Serbelawan Minimarket Consumers. Jurnal Ekonomi USI, 2(1), 328086. https://doi.org/10.36985/MANAJEMEN.V2I1.340

Razak, M. (2016). Perilaku Konsumen. Alauddin University Press.

Riswandi, D. (2019). Transaksi On-Line (E-Commerce) : Peluang dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, Dan Bisnis, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.0602/ECONETICA.V1I1.80

Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=DZLyDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_vpt_read#v=onepage&q&f=false

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (3rd ed.). Alfabeta.

Tarigan, W. J., Tarigan, V., & Purba, D. S. (2022). Pengaruh Potongan Harga dan Bonus Terhadao Pembelian Konsumen Alfamart Perumnas Batu 6 Pematangsiantar. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(3), 433–444. https://doi.org/https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i3.1391

Tussakdiah, N. H. (2021). Kualitas Pelayanan dan Potongan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Giant Extra Alaya Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 250–259. https://doi.org/10.30872/PSIKOBORNEO.V9I2.5961

Zahroh, R., & Sudarwanto, T. (2021). PENGARUH POTONGAN HARGA DAN BONUS PACK TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN HYPERMART ROYAL PLAZA SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1111–1117. https://doi.org/10.26740/JPTN.V9N1.P1111-1117

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Analisis Pemberian Potongan Harga dan Bonus di Platform E-commerce yang Berdampak pada Perilaku Pembelian Konsumen. (2024). Jurnal Manajemen & Bisnis Digital, 2(2), 120-130. https://doi.org/10.54771/c33pd704