Pengaruh Digital Marketing, Promosi, Dan Keterlibatan Followers Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia

Authors

  • Rooji Rahmatullah Manajemen, Universitas Gunadarma
  • Ikhwan HS Manajemen, Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.54771/jmbd.v2%25.1638

Keywords:

Digital Marketing, Promosi, Keterlibatan Followers Influencer, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh digital marketing, promosi, dan keterlibatan followers influencer terhadap keputusan pembelian pada e–commerce Tokopedia. Metode analisis penelitian ini adalah menggunakan data premier kuantitatif, tahap uji yang dilakukan pada penelitian adalah: uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearita, heteroskedasitas, analisis regresi linear berganda, uji T, uji F, dan uji koefisien determinasi (R²). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan 100 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non-probability sampling yang ditentukan dengan cara metode purposive sampling. Alat bantu yang digunakan untuk pengujian pada penelitian ini adalah SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Digital Marketing, Promosi, dan Keterlibatan Followers Influencer secara parsial berpengaruh terhadap Kepututusan Pembelian. Secara simultan, semua variabel berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian.

 

This research aims to analyze the influence of digital marketing, promotions, and influencer follower involvement on purchasing decisions in Tokopedia e-commerce. The analytical method for this research is to use quantitative premier data, the test stages carried out in the research are: validity test, reliability, normality test, multicollinearity test, heteroskedasticity, multiple linear regression analysis, T test, F test, and coefficient of determination test (R²). The data used in this research used 100 respondents. The sampling method in this research is non-probability sampling which was determined using the purposive sampling method. The tool used for testing in this research is SPSS. The results of this research show that the variables of digital marketing, Promotion, and Influencer Follower Involvement partially influence purchasing decisions. Simultaneously, all variables influence purchasing decisions.

References

Abimanyu, R., & Hermana, C. (2023). Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Cashback Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 398–408. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7545920

Adhitya, W. R., Teviana, T., Sienny, S., Hidayat, A., & Khaira, I. (2024). Implementasi Digital Marketing Menggunakan Platform E-Commerce dan Media Sosial Terhadap Masyarakat Dalam Melakukan Pembelian. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 5(1), 63–72. https://doi.org/10.47065/TIN.V5I1.5293

Andiani, L., Riantama, F., & Andriansyah, A. (2023). Pengaruh Promosi dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Aplikasi E-Commerce Tokopedia. Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(3), 224–233. https://doi.org/10.32938/IE.V5I3.5469

Aulawi, H. (2023). Analisis Pemberian Potongan Harga dan Bonus di Platform E-commerce yang Berdampak pada Perilaku Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen & Bisnis Digital, 2(2).

BS, S., N, A., & Handayani, R. (2023). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 5(2), 78–83. https://doi.org/10.31849/JMBT.V5I2.14231

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariat (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim, A., & Tyra, M. J. (2021). Pengaruh Online Consumer Review dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Marketplace Shopee. Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, 18(1), 99–120. https://doi.org/10.31315/BE.V18I1.5630

Haryanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Eksekutif, 15(1).

Jasri, Arfan, N., Hasanuddin, & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452

Lengkawati, A. S., & Saputra, T. Q. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Elzatta Hijab Garut). Prismakom, 18 (1)(1), 33–38.

Lestari, D. F., & Azizah, J. N. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Shopee di Kota Cilegon. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 6(1), 8. https://doi.org/10.7454/jabt.v6i1.1094

Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 1–10. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jbe/article/view/56/42

Sari, A. E. K., & Dwijayati Patrikha, F. (2024). Pengaruh Kualitas Konten, Jumlah Pengikut dan Rating Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform E-Commerce. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12(2), 283–291. https://doi.org/10.26740/JPTN.V12N2.P283-291

Shukmalla, D., Savitri, C., & Pertiwi, W. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lokal di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Buana Perjuanagan Karawang). Mirai Management, 8(3), 326–341. https://doi.org/10.37531/MIRAI.V8I3.6096

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (3rd ed.). Alfabeta.

Suryopratomo, A., & Jaelani, E. (2022). Digital Marketing Pengaruh Digital Marketing Dan Pilihan Produk Dalam Pengambilan Keputusan Minat Membeli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 14(1), 1–10. https://doi.org/10.37151/JSMA.V14I1.83

Wardana, W. (2021). Strategi Pemasaran. Deepublish Publisher.

Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce. Jurnal MANAJERIAL, 19(2), 198–209. https://doi.org/10.17509/MANAJERIAL.V19I2.24275

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Pengaruh Digital Marketing, Promosi, Dan Keterlibatan Followers Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia. (2024). Jurnal Manajemen & Bisnis Digital, 3(2). https://doi.org/10.54771/jmbd.v2%.1638