Pengaruh Kualitas Produk, Celebrity Endorser, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik
DOI:
https://doi.org/10.54771/jmbd.v2i1.977Keywords:
Kualitas produk, Celebrity endorser, dan Brand image.Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian yaitu 1) mengetahui pengaruh kualitas produk, 2) celebrity endorser, 3) citra merek, 4) kualitas produk, celebrity endorser, dan citra merek secara bersamaan terhadap pemilihan produk merek Wardah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, SPSS versi 22 digunakan untuk pengolahan data. Populasi berasal dari mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto tahun masuk 2019-2022 Teknik sampel dengan Purposive Sampling, data di dapat dari kuisioner dengan skala pengukurannya menggunkan skala likert. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Telah di dapat berupa hasil 1) terdapat pengaruh dominan antara variabel kualitas produk dengan keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai t hitung (2,286) > t tabel (1,988) dan nilai sig (0,024) < 0,05. 2) pengaruh dominan antara variabel celebrity endorser dengan keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai t hitung (7,311) > t tabel (1,988) dan nilai sig (0,000) < 0,05. 3) terdapat pengaruh yang dominan antara citra merek produk dengan keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai t hitung (12,024) > t tabel (1,988) dan nilai sig (0,000) < 0,05. 4) terdapat pengaruh yang dominan antara variabel kualitas produk, celebrity endorser, dan citra merek terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai f hitung (189,264) > f tabel (2,698) dan nilai sig (0,000) < 0,05.
Kata kunci: Kualitas produk, Celebrity endorser, dan Citra merek.
Abstract: The goal of this study is to: 1) ascertain the impact of the product's quality, 2) endorsement from celebrities, 3) brand image, and 4) product quality, celebrity endorsement, and brand image all at once on purchase decisions for cosmetics under the Wardah brand. This study adopted a quantitative methodology and utilized SPSS version 22 to handle the data. Students at Purwokerto's Nahdlatul Ulama University for the academic year 2019–2022 made up the study's population. Purposive sampling was utilized as the sample approach for this investigation, and questionnaires with Likert scales were used to gather the data. Multiple linear regression analysis was employed in this study's data analysis. The findings revealed that: 1) there is a significant relationship between product quality and purchasing decisions, which is demonstrated in this instance by the t count (2.286) > t table (1.988) and the sig value (0.024) 0.05; 2) there is a significant relationship between the celebrity endorser variable and the purchase decision, which is demonstrated in this instance by the t count (7.311) > t table (1.988) and the sig value (0.000) 0.05; and 3) T count (12.024) > T table (1.988) and sig value (0.000) 0.05 demonstrate that there is a strong relationship between product brand image and purchasing choice. 4) A significant relationship exists between the variables of product quality, celebrity endorsement, and brand image, as shown by the estimated f value (189.264) > f table (2.698) and the sig value (0.000) 0.05.
Key words: Product quality, Celebrity endorser, and Brand image.
References
Achmad, D. N., & Fikriyah, K. (2021). Pengaruh Halal Knowledge, Islamic Religiosity dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(3), 215–229. https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n3.p215-229
Akif, N. F. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Pengguna Produk Kecantikan Wardah.
Andrews, T. A. S. & J. C. (2015). Social Media Marketing: How Social Media Give Power and Responsibility To Companies on the Internet. In Integrated Marketing communications (9th ed.).
Anwar, S., & Mujito, M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Motor Merek Yamaha Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 183–192. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i1.558
Aulawi, H. (2016). Kepuasan Konsumen, Biaya Berpindah, Persepsi Harga, dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Penyedia Jasa Internet Telkom Speedy. Jurnal Administrasi Kantor, 4(41), 93–116.
Ayuniah, P. (2017). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal IEkonomi Bisnis, 22(3), 208–219.
Cholifah, T. N., Degeng, I. N. S., & Utaya, S. (2016). Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan, 1(2), 486–491.
Dr Ruchi Gupta, Kishor, P. N., & Verma, P. D. (2017). Construction and Validation of a Five-Dimensional Celebrity Endorsement Scale: Introducing the Pater Model. British Journal of Marketing Studies Vol.5, 5(4), 15–35.
Erna Ferrinadewi. (2005). Atribut Produk Yang Dipertimbangkan Dalam Pembelian Kosmetik Dan Pengaruhnya Pada Kepuasan Konsumen Di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(2), pp.139-151.
Febriani, R., & Khairusy, M. A. (2020). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser/Brand Ambasador, Harga Dan Desain Produk Yang Dimediasi Oleh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Shopee. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 91–109. https://doi.org/10.47080/progress.v3i1.782
Fetrizen, & Aziz, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek AICOS Produksi PT. Bumi Sarimas Indonesia. OSF Preprints, 1, 1–9.
Habibah, Hamdani, I., & Lisnawati, S. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Perempuan Muslim di Kota Bogor). Iqtishoduna, 7(2), 233–261.
Hapsari, D. R. (2019). Komunikasi. Jurnal ISKI, 04(01), 35–45.
Haryati, D. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Jambi Di Muara Bulian (Studi Kasus Konsumen Batik Jambi Maryana Muara Bulian). Jotika Journal In Management and Entrepreneurship, 2(2), 80–90. https://doi.org/10.56445/jme.v2i2.69
Kotler, P & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Marketing Management (15th ed., Vol. 22).
Lestari, D. A., & Nurhadi, N. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Merek Produk Kosmetik Wardah di Surabaya Selatan. Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 7(2), 22–30. https://doi.org/10.31869/me.v7i2.2714
Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524
M. Anang, F. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 336.
Mulyadi, Margareta, M. M., & Hasiholan, L. B. (2015). Analisis pengaruh iklan, kepercayaan merek dan kualitas produk terhadap minat beli (Studi pada Konsumen Mie Sedap di Pasar Pedurungan Kidul Semarang). Journal of Management, 1(1), 110.
Ngurah, I. G., Hagita, B., & Mas, I. (2019). BRAND IMAGE MEMEDIASI KUALITAS PRODUK SMARTPHONE OPPO DI KOTA DENPASAR Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Pengguna teknologi smartphone pada negara Indonesia bertumbuh dengan pesat . Lembaga riset digitalmarketing memperkir. 8(1), 7102–7131.
Nuraini, A., & Maftukhah, I. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian melalui Citra Merek pada Kosmetik Wardah di Kota Semarang. Management Analysis Journal, 4(2), 171–179.
Parengkuan, V., Tumbel, A., & Wenas, R. (2014). Analisis Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head and Shoulders di 24 Mart Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1792–1802.
Purbani, V. H., & Santoso, S. B. (2013). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK, DIFERENSIASI PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Larissa Aesthetic Center Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 2(3), 1–9.
Riswandi, R., Rianto, T., & Ginanjar, N. S. (2022). Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(2), 1018–1028.
Salere, S., Munir, A. R., & Hamid, N. (2019). The Effect of Celebrity Endorser and Halal Brand Image on Customers’ Purchasing Decisions of Wardah Cosmetics. 92(Icame 2018), 454–464. https://doi.org/10.2991/icame-18.2019.49
Septiyani, R., Rakhmawati, S., & Budiasih. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Celebrity Endorser Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Prosiding Seminar Nasional Indonesian R Summit, 1(1), 195–209.
Sisnuhadi, S., & Sirait, S. K. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial, Celebrity Endorser, Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 45. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.161.371
Suastini, I. A. K. S., & Mandala, K. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Penjualan, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(1), 84. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i01.p04
Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif Dan R&D. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Syafri, N. A., Mustari, Hasan, M., Said, M. I., & Nurdiana. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Brand Image Halal, Celebrity Endoser Dan Tingkat Harga Tehadap Kpeutusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar). Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(02), 389–403.
Syamsia, Idhan, A., Noerfitryani, Nadir, M., Reta, & Kadir, M. (2018). Paddy Chlorophyll Concentrations in Drought Stress Condition and Endophytic Fungi Application. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 156(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/156/1/012040
Wardahbeauty. (2021). WARDAH #BEAUTYMOVESYOU BERGERAK DARI INDONESIA KE KANCAH INTERNASIONAL. Wardahbeauty.
Wulandari, N. M. R., & Nurcahya, I. K. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(11), 3909–3935.
Yan Bayu Bramantya &, & Jatra, M. (2016). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia PENDAHULUAN Industri kendaraan roda dua di Indonesia dewasa ini memperlihatkan trend peningkatan yang sangat positif . Hal ters. 5(3), 1745–1771.
Zainuddin, D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Minat Beli Motor Matik. Sosio E-Kons, 10(3), 220. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i3.2902