Pengaruh Pemasaran Digital, Kualitas Produk, Dan Inovasi Hijau Terhadap Kinerja UMKM Makanan Dan Minuman

Authors

  • Yuridistya Primadhita Universitas IPWIJA
  • Susilowati Budiningsih Universitas IPWIJA
  • Indrajit Wicaksana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ana Melani Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.54771/jmbd.v2i1.979

Keywords:

digital, innovation, marketing, quality, SMEs, inovasi, pemasaran, kualitas, UMKM

Abstract

Abstrak: UMKM makanan dan minuman menjadi salah satu sektor ekonomi masyarakat yang perkembangannya cukup pesat dengan banyak variasi dan inovasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemasaran digital, kualitas produk dan inovasi hijau terhadap kinerja UMKM makanan dan minuman. Responden penelitian ini meliputi 60 pelaku UMKM makanan dan minuman di Bogor dan Karawang. Hasil analisis regresi berganda memperlihatkan bahwa pemasaran digital, kualitas produk dan inovasi hijau berpengaruh signifikan dan memberi dampak positif terhadap kinerja UMKM baik secara parsial maupun secara simultan. Kualitas produk memberi pengaruh terbesar bagi kinerja UMKM makanan dan minuman.

 

Kata kunci: digital, inovasi, kualitas, pemasaran, UMKM

 

Abstract: Food and beverage SMEs are one of the economic sectors of society whose development is quite rapid with many variations and innovations. This research was conducted to determine the effect of digital marketing, product quality and green innovation on the performance of food and beverage SMEs. Respondents to this study included 60 food and beverage MSME actors in Bogor and Karawang. The results of multiple regression analysis show that digital marketing, product quality and green innovation have a significant and positive impact on MSME performance both partially and simultaneously. Product quality gives the greatest influence for food and beverage SMEs.

 

Key words: digital, innovation, marketing, quality, SMEs

References

Anderson, J., & Hidayah, N. (2023). Pengaruh Kreativitas Produk, Inovasi Produk, dan Kualitas Produk terhadap Kinerja UKM. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(1), 185–194. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i1.22566

Andre. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk terhadap Kinerja Bisnis UMKM (Studi Kasus pada Bakmi Alex TSS). In Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan (Vol. 6, Issue 4, pp. 364–368). https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i4.19316

Ardiani, D.-, Suroija, N.-, & Purnamasari, E.-. (2020). The influence of Service Quality on Customer Satisfaction at Workshop PT Wahana Sun Motor Branch Puri Anjasmoro. JOBS (Jurnal Of Business Studies), 6(2), 159. https://doi.org/10.32497/jobs.v6i2.2542

Dewi, P. P., & Sudhiksa, I. G. N. P. (2022). Pengaruh Green Innovation, Digital Marketing, dan Knowledge Management Terhadap Sustainability Business Pada PT. Hatten Bali. Open Journal System, 17(1), 17–30.

Haryani, D. S., & Fauzar, S. (2021). Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pada UMKM Chacha Flowers. Jurnal Manajerial Dan Bisnis Tanjungpinang, 4(1), h.12-20.

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60.

Kotler, P & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Marketing Management (15th ed., Vol. 22).

Kusuma, I. M. W. A. K., Sucandrawati, N. L. K. A. S., & Laksmi, N. P. A. D. L. (2022). Peningkatan Keunggulan Bersaing Melalui Kualitas Produk dan Pemanfaatan Digital Marketing Pada UMKM Kuliner di Denpasar. Nusantara Hasana Journal, 2(3), 164–178.

Kusumawati, RD., Aulaw, H. (2021). Peran Perceived Effectiveness of Escrow Services terhadap Satisfaction dan Trust pada E-Commerce di Indonesia. Jurnal Ekonomi Indonesia, 10 (1).

Nurrahma, S., & Siradjuddin, S. (2022). Inovasi Hijau sebagai Strategi Pengembangan Usaha Kecil Mikro Syariah. NUKHBATUL ’ULUM: Jurnal Bidang Kajian Islam, 8(1), 35–48. https://doi.org/10.36701/nukhbah.v8i1.522

Primadhita, Y., Ayuningtyas, E. A., & Primatami, A. (2021). Model orientasi kewirausahaan dan strategi bisnis guna meningkatkan kinerja wirausaha perempuan di Bogor. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 1–12. https://doi.org/10.33370/jpw.v23i1.493

Primadhita, Y., & Budiningsih, S. (2020). Analisis Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dengan Model Vector Auto Regression. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 17(1), 1. https://doi.org/10.33370/jmk.v17i1.396

Primatami, A., & Primadhita, Y. (2020). Efisiensi Umkm Makanan Dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 1. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i01.388

Subekti, R. A., & Pahlevi, R. W. (2022). Pengaruh Implementasi E-Payment dan Kualitas Produk terhadap Kinerja Umkm (Studi Kasus pada Usaha Produk Hobi Alat Pancing). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(6), 985–996.

Wicaksana, I. (2021). Pengaruh Pemasaran Digital Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Usia Muda (The Effect Of Digital Marketing And Product Quality On Loyalty Through Satisfaction Of Young Customer). Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 18(01), 1–10.

Wicaksana, I., & Primadhita, Y. (2022). Model Ecopreneur dengan Mediasi Inovasi Hijau terhadap Kinerja Berkelanjutan Umkm Agribisnis ( Ecopreneur Model using Green Innovation Mediation on Sustainable Performance of Agribusiness SMEs ). Prosiding Manajerial Dan Kewirausahaan VI, 6(November).

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Pengaruh Pemasaran Digital, Kualitas Produk, Dan Inovasi Hijau Terhadap Kinerja UMKM Makanan Dan Minuman. (2023). Jurnal Manajemen & Bisnis Digital, 2(1), 49-61. https://doi.org/10.54771/jmbd.v2i1.979