Hubungan Antara Perkembangan Motorik Anak Usia 3 – 5 Tahun Dengan Status Gizi (Tb-U) Berdasarkan Tingkat Pendidikan Ibu

Relationship Between Motorial Developments Child Age 3 - 5 Years With Nutrition Status (Tb/U) Based On Mother Education Level

Authors

  • Maryuni Maryuni Program Studi Kebidanan, Universitas Binawan
  • Hartati Saragih
  • Umi Habibah Program Studi Kebidanan, Universitas Binawan

Keywords:

perkembangan motorik, status gizi, tingkat pendidikan

Abstract

Pendahuluan: Status gizi pada balita pada dasarnya dipengaruhi oleh banyak faktor, yaitu faktor langsung berupa asupan makanan dan kondisi kesehatan anak misalnya infeksi, sedangkan faktor tidak langsung misalnya pengetahuan ibu tentang gizi, status ekonomi keluarga, pelayanan kesehatan dan sosial. Berat badan dan tinggi badan salah satu parameter penting menentukan status kesehatan khususnya yang berhubungan dengan status gizi.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara perkembangan motorik anak usia 3 – 5 dengan status gizi (TB/U) Metode: Penelitian ini adalah penelitian analisis lanjut dari data penelitian yang berjudul“Faktor – Faktor yang Berhubungan Terhadap Perkembangan Otak dan Tumbuh Kembang Anak di Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur dan Desa Rumpin, Kabupaten Bogor Tahun 2014” menggunakan metode Cross Sectional secara ex post facto. Hasil: Tidak ditemukan adanya korelasi antara perkembangan motorik dengan status gizi diberbagai jenjang umur pada anak usia 3-5 tahun setelah mempertimbangkan faktor pendidikan ibu. Pendidikan ibu berperan terhadap perkembangan anak. Sehingga tidak secara langsung berhubungan dengan perkembangan motorik anak, tetapi melalui dukungan gizi. Pendidikan ibu mempengaruhi stimulasi yang diberikan kepada anak, cara mendidik dan cara untuk mengasuh anak, serta bagaimana cara memecahkan masalah.

Downloads

Published

2016-09-30

Issue

Section

Articles