Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Terkait Teknik Posisi Menyusui Yang Benar Pada Ibu Bersalin Di RSU Bunda Jakarta

The Description Of Mothers’ Knowledge Related To Their Breastfeeding Position Technique In Bunda Hospital Jakarta

Authors

  • Handayani Handayani Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Binawan
  • Puji Astuti Wiratmo

Keywords:

Teknik posisi menyusui, pengetahuan

Abstract

Pendahuluan: Menyusui adalah suatu proses alamiah sehingga setiap ibu mempunyai naluri dan mampu untuk melakukannya akan tetapi menyusui yang baik dan benar perlu dipelajari agar ASI keluar secara optimal. Dengan demikian ibu menyusui memerlukan pengetahuan tentang cara menyusui yang benar agar sukses dalam memberikan yang terbaik bagi bayinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambarankaitan tingkat pengetahuan ibu dengan teknik menyusui yang benar di RSU Bunda Jakarta Tahun 2016. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian Deskriptif analitik dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 50 orang. Hasil: Hasil penelitian didapatkan bahwa dari 8 orang responden yang memiliki pengetahuan yang baik, sebagian besar melakukan teknik posisi menyusui yang tepat sebanyak 6 orang (75,0%), sama halnya dengan responden yang memiliki tingkat pengetahuan yang cukup yang sebagian besar melakukan teknik posisi menyusui yang tepat sebanyak 12 orang (54,5%), sedangkan dari 20 orang yang memiliki pengetahuan yang kurang baik, hampir semuanya melakukan teknik posisi menyusui yang tidak tepat yaitu sebanyak 19 orang (95,0%). Hasil analisa menunjukan bahwa pvalue

0,000 maka p-value< 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat gambaran kaitan tingkat pengetahuan ibu dengn teknik posisi menyusui yang benar pada ibu bersalin di RSU Bunda Jakarta. Diharapkan bagi perawat berperan sebagai konselor laktasi untuk membantu ibu menyusui dengan merangsang atau membawa ibu untuk menggali sumber masalah dan membantu mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki, sehingga ibu mampu menyusui dengan cara yang baik dan benar.

Downloads

Published

2017-03-31

Issue

Section

Articles