Manfaat Pemberian Permainan Edukatif Terhadap Perkembangan Motoric Pada Balita

Benefits the Provision of Educational Game to the Development of Motor in Toddlers

Authors

  • Dinni Randayani Lubis Program Studi Kebidanan, Universitas Binawan
  • Enda Mora Dalimunthe
  • Herlindawati Herlindawati

Keywords:

balita, perkembangan motorik, permainan edukatif, toddler, educational games, motor skills development

Abstract

Pendahuluan : Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemberian permainan edukatif dengan perkembangan motorik pada balita di Desa Palopat Maria Kecamatan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan tahun 2015. Metodologi penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Ibu yang mempunyai balita yang ada di Desa Palopat Maria Kecamatan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan Tahun 2015 yaitu 175 orang. Sampel berjumlah 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Hasil: dari 64 orang responden pemberian permainan edukatif mayoritas berada pada kategori tidak diberikan sebanyak 38 orang (59,4 %). Perkembangan motorik pada balita responden mayoritas berada pada kategori Tidak Normal 42 orang (65,6 %). Hasil uji Chi-Square diperoleh hasil p-value sebesar 0,000. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa p-value < 0,05 dengan demikian nilai signifikansi p-value 0,000 < 0,05. Diskusi ada hubungan pemberian permainan edukatif dengan Perkembangan Motorik Balita di Desa Palopat Maria Kecamatan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan Tahun 2015.

Downloads

Published

2015-09-30

Issue

Section

Articles