Peramalan Penjualan AHM Oil Spx2 di Astra Honda Authorized Service Station 02660 Kabupaten Kuningan

Authors

  • Robi Awaluddin Universitas Siliwangi
  • Galih Dwi Handayani Universitas Kuningan
  • Ayus Ahmad Yusuf IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.54771/jmbd.v1i1.706

Abstract

Peramalan adalah metode untuk memperkirakan suatu nilai dimasa depan dengan menggunakan data masa lalu. Peramalan sangat penting bagi sebuah perusahaan, permalan dapat membantu atau dijadikan solusi penting dalam strategi penjualan produk. Metode yang dilakukan pada peneilitian ini adalah metode Least Square dan Moving Average. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) 02660 Griya Motor di Kuningan. Pada penelitian ini, penulis membahas mengenai analisis peramalan penjualan produk AHM oil SPX2 dengan hasil metode dengan tingkat error terkecil adalah Least Square dengan jumlah peramalan 505,509 dengan rata rata Mean Absolute Deviation (MAD) dengan jumlah 32,96, Mean Square Eror (MSE) dengan jumlah 2016,38 dan Mean Absolute Percented Eror sebesar 6,59%.

Downloads

Published

2022-12-16

How to Cite

Peramalan Penjualan AHM Oil Spx2 di Astra Honda Authorized Service Station 02660 Kabupaten Kuningan. (2022). Jurnal Manajemen & Bisnis Digital, 1(1), 50-57. https://doi.org/10.54771/jmbd.v1i1.706