Be Wise With Your Waste: Penyuluhan Sampah Dan Evaluasi Usability Aplikasi Pengelolaan Sampah Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Di Jakarta Selatan

Authors

  • Suharti Suharti Program Studi Ilmu Komputer, Universitas Pertamina
  • Ariana Yunita Program Studi Ilmu Komputer, Universitas Pertamina
  • Tasmi Tasmi Program Studi Ilmu Komputer, Universitas Pertamina
  • Azis Adharis Program Studi Kimia, Universitas Pertamina
  • Tirta Rona Mayangsari Program Studi Kimia, Universitas Pertamina
  • Paramita Jaya Ratri Program Studi Kimia, Universitas Pertamina
  • Nila Tanyela Berghuis Program Studi Kimia, Universitas Pertamina
  • Muttaqin Muttaqin Program Studi Kimia, Universitas Pertamina
  • Evi Siti Sofiyah Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Pertamina
  • Hafizh Fuqaha Program Studi Ilmu Komputer, Universitas Pertamina
  • Berliani Istadewi Program Studi Ilmu Komputer, Universitas Pertamina
  • Muhammad Afiq Program Studi Ilmu Komputer, Universitas Pertamina
  • Nanda Sakinah Program Studi Kimia, Universitas Pertamina
  • Andanda Reza Fauziyah Program Studi Kimia, Universitas Pertamina

DOI:

https://doi.org/10.54771/jpmbp.v4i02.1193

Abstract

Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar ketiga di dunia pada tahun 2020, dimana DKI Jakarta merupakan salah satu kota penyumbang sampah terbesar di Indonesia. Untuk menangani sampah plastik diperlukan kerjasama dari berbagai pihak, baik dari masyarakat, akademisi, pemerintah dan organisasi. Tanpa kontribusi publik, penanganan sampah terutama sampah plastik akan sulit. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memilah dan menangani sampah, sebagai upaya untuk meningkatkan kontribusi publik. Pada kegiatan ini, salah satu aplikasi pengelolaan sampah diperkenalkan dan dilakukan evaluasi usability untuk mengetahui seberapa mudah digunakan aplikasi tersebut. Kegiatan dilakukan pada 50 siswa salah satu Sekolah Menengah Negeri Atas Negeri (SMAN) di Jakarta Selatan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa-siswa berminat untuk menggunakan aplikasi pengelolaan sampah, tetapi masih mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi pengelolaan sampah. Selain itu, sebagai tindak lanjut dari penyuluhan ini, tempat sampah untuk memisahkan sampah plastik juga diletakkan di sekolah tersebut sebagai tindak lanjut dari penyuluhan ini.

References

Armadi, N. M. (2021). Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Sebagai Kunci Keberhasilan Dalam Mengelola Sampah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9-24.

Hayati, R., Nisa, K., & Sirait, S. (2018). Penyuluhan Kepemimpinan dan Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Marginal di Desa Antara. Jurdimas Royal, 1(2), 9–14. https://doi.org/DOI : 10.33330/jurdimas.v1i2.103

Nugraheni, N.A. (2021). 5 Negara ini Penyumbang Sampah Plastik Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan Ke-3. Diakses pada tanggal 27 Juli 2022. https://tekno.tempo.co/read/1521617/5-negara-ini-penyumbang-sampah-plastik-terbesar-di-dunia-indonesia-urutan-ke-3

Sharfina, Z., & Santoso, H. B. (2016, October). An Indonesian adaptation of the system usability scale (SUS). In 2016 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS) (pp. 145-148). IEEE.

Setiawan, A. (2021) Membenahi Tata Kelola Sampah Nasional, https://indonesia.go.id/kategori/indonesia-dalam-angka/2533/membenahi-tatakelola-sampahnasion-al#:~:text=Kementerian%20Lingkungan%20Hidup%20dan%20Kehutanan, 68%20kilogram%20sampah%20per%20hari., (diakses tanggal 12 September 2023)

Wilantika, N., Sensuse, D. I., Wibisono, S. B., Putro, P. L., & Damanik, A. (2018, May). Grouping of prov-inces in Indonesia according to digital divide index. In 2018 6th International Conference on In-formation and Communication Technology (ICoICT) (pp. 380-388). IEEE.

Downloads

Published

17-03-2024