Persepsi Siswa Terhadap Soft Skills Bagi Pendidikan Dan Karir Di Era Industri 4.0

Authors

  • Enggar Mulyajati
  • Rizkia Winama

DOI:

https://doi.org/10.54771/jpmbp.v1i01.132

Keywords:

Karir, Pendidikan, Persepsi, Revolusi Industri, Soft Skill

Abstract

Semakin pesatnya perkembangan teknologi dan komunikasi menciptakan revolusi industri 4.0 yang ditandai oleh penggunaan internet. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi generasi muda di Indonesia. Generasi muda seperti siswa SMK merupakan generasi yang siap kerja. Kurikulum pendidikan yang lebih menekankan keterampilan teknis (hard skills) membuat keterampilan nonteknis (soft skills) belum optimal ditanamkan. Padahal seperti keterampilan teknis, keterampilan nonteknis penting untuk dipahami dan dikuasai siswa. Terlebih, soft skills pun berperan penting bagi siswa agar sukses di bidang pendidikan dan di dunia kerja. Oleh sebab itu, edukasi mengenai pentingnya soft skills bagi siswa SMK dihadirkan dalam sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat(PKM). Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya soft skills bagi pendidikan dan karir di masa depan. Kegiatan ini berupa acara tayang bincang bagi siswa-siswi kelas XII SMK. Metode yang digunakan adalah teknik survei dengan
menyebarkan angket persepsi ke seluruh siswa setelah mengikuti kegiatan tersebut. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas siswa memahami dan menyadari pentingnya soft skills bagi pendidikan dan karir mereka di dunia kerja. Selain itu, siswa memahami soft skills yang telah mereka miliki dan kuasai juga soft skills apa saja yang ingin ditingkatkan untuk menghadapi dunia kerja. Dengan adanya kegiatan ini, wawasan dan pengetahuan siswa semakin bertambah dan siswa dapat meningkatkan soft skills mereka agar siap menghadapi dunia kerja di era revolusi industri keempat.

Downloads

Published

25-02-2021