Pemberian Edukasi Dan Latihan Foot Core Stability Pada Orang Tua Dengan Anak Cerebral Palsy Diplegia Spastik Dalam Meningkatkan Postural Control

Authors

  • Enita Zuyanty Enita Zuyanty Program Studi Fisioterapi, Universitas Binawan
  • Dwi Ratna Sari Dwi Ratna Sari Program Studi Fisioterapi, Universitas Binawan
  • Firdausiyah Amalia Firdausiyah Amalia Program Studi Fisioterapi, Universitas Binawan

DOI:

https://doi.org/10.54771/18d27r79

Keywords:

Kata Kunci: ●Cerebral Palsy Diplegia Spastik ●Foot Core Stability ●Postural Control

Abstract

Kondisi deformitas kaki yang menghambat keseimbangan berdiri dan berjalan pada anak Cerebral Palsy (CP) diplegia spastik sehingga perlu diberikan latihan Foot Core Stability sedini mungkin untuk membentuk Postural Control agar anak dapat melakukan aktivitasnya sehari-hari dengan lebih baik. Tujuan Program pengabdian  masyarakat ini untuk memberi edukasi kepada orang tua anak Cerebral Palsy dan pemberian latihan foot core stability pada anak Cerebral Palsy diplegia spastik. Metode yang diberikan adalah penyuluhan kepada orang tua anak CP, berupa edukasi latihan foot core stability  yang dapat dilakukan dirumah dengan menggunakan contoh latihan dalam bentuk video sebagai media, melakukan tanya jawab untuk mengetahui informasi tentang keluhan yang dialami oleh orang tua anak Cerebral Palsy setelah diberikan tindakan terapi kepada anak mereka. Hasil kegiatan yang dilakukan pada ke enam anak CP diplegia spastik setelah dilakukan sebanyak lima kali pertemuan menunjukkan terdapat peningkatan perkembangan motorik kasar yang diukur dengan skor Groos Motor Function Measure atau GMFM-88 sebesar 10 %. Pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah terapi. Pemberian Foot Core Stability dapat meningkatkan kemampuan fungsi motorik kasar untuk membentuk Postural Control pada anak Cerebral Palsy diplegia spastik.

 

 

References

Al-karimah, N. F. (2018) ‘Subjective Well-Being Pada Penyandang Tuna Daksa’, Universitas Sahid Surakarta, 13(154), pp. 57–64.

Anzai, E. et al. (2014) ‘Clinical Research on Foot & Ankle Effects of Foot Arch Structure on Postural Stability’, Clin Res Foot Ankle, 2(2), pp. 2–5. doi: 10.4172/2329-910X.1000133.

Carr, M.J., Lymar, C.E., Cowley J.M. (Ed.). (2015). ' Electron Diffraction Technique', Vol.1, International Union of Crystallography/ Oxford University Press, New York, p.122.

Fidan, F. and Baysal, O. (2014) ‘Epidemiologic Characteristics of Patients with Cerebral Palsy’, Open Journal of Therapy and Rehabilitation, (August), pp. 126–132.

Das SP, Ganesh GS. (2019) ' Evidence-based Approach to Physical Therapy in Cerebral Palsy '. Indian J Orthop. Jan-Feb;53(1):20-34. doi: 10.4103/ortho.IJOrtho_241_17. PMID: 30905979; PMCID: PMC6394183.

Hong, Jung Sun. (2019) ' From the Normal Development Cerebral Palsy PAC-CENTERED STRATEGIS '

Ismunandar, H. and Ismiarto, Y. D. (2018) ‘Hubungan antara Spastisitas Pergelangan Kaki dengan Kualitas Hidup pada Anak dengan Cerebral Palsy Tipe Spastik Quadriplegia with Spastic Quadriplegia Cerebral Palsy’, Departemen Orthopaedi dan Traumatologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Padjadjaran, 4(38), pp. 7–12.

Kementrian Kesehatan RI, Pusat Data dan Informasi. (2018). ' Hari disabilitas internasional ' 3 desember 2018 www.depkes.go.id:https://www.infodatin+disabilitas.com. Diakses tanggal 2 November 2023

Kisner C., & Colby L. A. 2014. Terapi Latihan Dasar dan Teknik. Jakarta: EGC pp. 271-279.

Ko, J. (2017) ‘Functional Improvement after the Gross Motor Function Measure-88 (GMFM-88) Item-Based Training in Children with Cerebral Palsy’, J Kor Phys, 29(3), pp. 115–121.

Kurz, M. J. et al. (2018) ‘Children with Cerebral Palsy Hyper-Gate Somatosensory Stimulations of the Foot’, Cerebral Cortex, 28(7), pp. 2431–2438. doi: 10.1093/cercor/bhx144.

Mckeon, P. O. et al. (2015) ‘The foot core system : a new paradigm for understanding intrinsic foot muscle function’, Br J Sports Med, 49. doi: 10.1136/bjsports-2013-092690.

Pristianto, A., Nadia, Z. and Setiyaningsih, R. (2019) ‘Pelvic Tiliting dalam Terapi Konvensional pada Anak Cerebral Palsy Dipelgi di Yayasan Pembinaan Anak Cacat’, jurnal LINK, 15(1), pp. 12–17. doi: 10.31983/link.v15i1.4085.

Riddick, R. et al. (2019) ‘The foot is more than a spring : human foot muscles perform work to adapt to the energetic requirements of locomotion’, Royol Society, 16. doi: http://dx.doi.org/10.1098/rsif.2018.0680.

Sakti Prasad Das, G. S. G. (2019) ‘Evidence-based Approach to Physical Therapy in Cerebral Palsy’, Indian Journal of Orthopaedics, 53(1), pp. 20–34. doi: 10.4103/ortho.IJOrtho.

Shumway-Cook, Anne and Marjorie H. Woollacott. (2017). ' Motor Control: Translating Research into Clinical Practice: Fourth Edition ' ISBN/ISSN 9781496302632.

Tornberg, Å. B. and Lauruschkus, K. (2020) ‘Non-ambulatory children with cerebral palsy : effects of four months of static and dynamic standing exercise on passive range of motion and spasticity in the hip’, PeerJ. doi: 10.7717/peerj.8561.

Downloads

Published

30-06-2024