Penerapan Zona Selamat Sekolah di SDN Cibaregbeg, Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.54771/xdahs953Keywords:
ZoSS; Sekolah Dasar; Selamat; Rambu; Marka JalanAbstract
Kecelakaan lalu lintas merupakan masalah global yang membutuhkan perhatian serius, terutama di Indonesia. Kelompok yang rentan terhadap kecelakaan lalu lintas adalah pejalan kaki dan anak usia sekolah dasar karena anak pada usia tersebut belum memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup tentang aturan lalu lintas. SDN Cibaregbeg terletak di Desa Caringin Kabupaten Sukabumi, berdasarkan observasi lapangan, kondisi jalanan di lokasi tersebut sempit, banyak kendaraan lalu lalang dan jalanan yang menurun, dimana kombinasi ini dapat meningkatkan resiko kecelakaan lalu lintas. Zona Selamat Sekolah (ZoSS) adalah fasilitas jalan khusus untuk penyebrangan di sekolah yang bertujuan untuk mengurangi kecepatan kendaraan dan memberikan kesempatan bagi pengguna jalan untuk memperkirakan perilaku siswa yang akan menyeberang. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah menerapkan Zona Selamat Sekolah (ZoSS) guna meningkatkan keselamatan dan memberikan rasa aman kepada anak sekolah ketika menyeberang. Metode yang digunakan adalah membuat marka jalan ZoSS, memasang rambu lalu lintas seperti rambu menyeberang, rambu hati-hati dan rambu menurunkan kecepatan serta melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam pelaksanannya. Meskipun terdapat hambatan dalam pelaksanaan kegiatan ini, namun kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk sekolah, pemerintah setempat, dan masyarakat, menjadi faktor penting dalam pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini. Simpulan dari kegiatan ini adalah ZoSS efektif dalam meningkatkan keselamatan anak-anak sekolah dengan mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas di area sekolah.
References
Azis, A. (2018). Karakteristik Perilaku Penyeberang Dan Pengantar Pada Zoss Di Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan. Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil, 1–7.
BPS. (2020). Jumlah Kejadian dan Kondisi Korban Kecelakaan Lalu Lintas Dirinci Per Bulan di Wilayah Polres Sukabumi Kota Tahun 2020. https://sukabumikota.bps.go.id/statictable/2021/10/13/244/jumlah-kejadian-dan-kondisi-korban-kecelakaan-lalu-lintas-dirinci-per-bulan-di-wilayah-polres-sukabumi-kota-2020.html
Hidayati, A., & Hendrati, L. Y. (2017). Traffic Accident Risk Analysis by Knowledge, the Use of Traffic Lane, and Speed. Jurnal Berkala Epidemiologi, 4(2), 275. https://doi.org/10.20473/jbe.v4i2.2016.275-287
Juliyanti, W. I., Mukti, E. T., & Kadarini, S. N. (2020). Analisis Lokasi Rawan Kecelakaan (Studi Kasus Jalan Komyos Sudarso). Jurnal UNTAN, 1–10.
Kariyana, I. M., I Komang Alit Astrawan Putra, & I Nyoman Arta Wijaya. (2020). Analisis Zona Selamat Sekolah (ZoSS) di Kecamatan Denpasar Selatan (Studi Kasus SDN 5 Pedungan dan Sekolah Harapan). PADURAKSA: Jurnal Teknik Sipil Universitas Warmadewa, 9(2), 151–160. https://doi.org/10.22225/pd.9.2.1859.151-160
Lesmini, L., Ade, A., & Iqbal, M. (2020). Kinerja Ruas Jalan Pada Zona Selamat Sekolah ( ZoSS ) di Jakarta Selatan Road Space. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 07(03), 280–294.
Lukmana, A., Ramli, M. I., & Hustim, M. (2018). Keselamatan Lalu Lintas Siswa Sekolah Dasar Karuwisi II Kota Makassar. Jurnal Transportasi, 18(1), 11–20. http://103.36.68.33/index.php/journaltransportasi/article/view/2969
Polri, P. (2023a). Ratusan Pejalan Kaki Jadi Korban Kecelakaan Lalu Lintas. https://pusiknas.polri.go.id/detail_artikel/ratusan_pejalan_kaki_jadi_korban_kecelakaan_lalu_lintas
Polri, P. (2023b). Ribuan Orang Meregang Nyawa di Jalan Raya pada Oktober 2023. https://pusiknas.polri.go.id/detail_artikel/ribuan_orang_meregang_nyawa_di_jalan_raya_pada_oktober_2023
Putri, L. D., Saleh, A., & Soehardi, F. (2017). Tinjauan Kecepatan Kendaraan pada Wilayah ZoSS di Kota Pekanbaru. Jurnal Universitas Lancang Kuning, 2006. http://dx.doi.org/10.31227/osf.io/c53r8
Rahmani, H., Gazali, A., Jarkawi, J., & Ramli, M. I. (2019). Analisis Hubungan Kecepatan Terhadap Kecelakaan Lalu-Lintas Di Kota Banjarmasin. Journal of Indonesia Road Safety, 2(1), 45. https://doi.org/10.19184/korlantas-jirs.v2i1.15033
Rifal, A. D. C., P.S, A. D., & Hartanti, I. R. (2015). Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Kecelakaan Lalu Lintas pada Pengemudi Bus P.O Jember Indah. Repositori Artikel Ilmiah Hasil Peneleitian Mahasiswa, 8. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://pdfs.semanticscholar.org/5cf4/676bf1c40b0747af453f40baab2b655e70e3.pdf&ved=2ahUKEwiOwIjgu-DmAhV2ILcAHYC5BhgQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw2HllFh1nXhZ8Bqr7ouiq0b
Susanto, B., Antros, J., & Jon, S. (2014). Evaluasi Penerapan Zona Selamat Sekolah Pada Beberapa Fungsi Jalan Di Yogyakarta. The 17th FSTPT International Symposium, Jember University, 11(August), 22–24.
Yulianggi Trisya Pramesti, & Budiharjo, A. (2020). Efektivitas Rambu Batas Kecepatan di Jalan Kolektor. Jurnal Teknik, 18(2), 73–81. https://doi.org/10.37031/jt.v18i2.98
Yulianto, B., Setiono, Mahmudah, A. M. H., & Santoso, A. B. (2017). Traffic safety program for school children through safe action and safe condition. AIP Conference Proceedings, 1855(June 2017). https://doi.org/10.1063/1.4985497