Sosialisasi Penerapan Good Government untuk Meningkatkan Pelayanan kepada Masyarakat Desa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.54771/c1ds5j53

Keywords:

Desa Dawuhan, Good Goverment, Pelayanan Masyarakat

Abstract

Good government diperlukan dalam perbaikan kualitas pelayanan masyarakat pada lingkup desa. Hal ini tidak terkecuali pada Desa Dawuhan. Kondisi saat ini pelayan yang diberikan kepada masyarakat belum berjalan maksimal. Bila tidak segera diatasi maka dapat menimbulkan turunnya kepercayaan terhadap pemerintahan desa. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan sosialisasi terhadap penerapan good government sehingga dapat terjadi perbaikan terhadap pelayanan yang diberikan. Hasil dari evaluasi kegiatan pengabdian rata-rata peserta merasa bahwa terjadi perubahan secara signifikan setelah mengikuti kegiatan pengabdian. Perubahan tersebut didasarkan pada hasil penilaian berada pada nilai setuju dan sangat setuju. Bukti nyata dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat diharapkan dapat terus memberikan perbaikan terhadap sistem pelayanan di Desa Dawuhan secara berkelanjutan walaupun kegiatan yang diberikan selesai dilakukan.

References

Abror, F., & Khuljana, D. (2022). Upaya Merealisasikan Good Governance melalui Pelayanan Publik di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 4(1), 55–59.

Adam, A., Siregar, N. S. S., Matondang, A., Angelia, N., & Lubis, Y. A. (2021). Pengabdian Kepada Masyarakat untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dan Good governance Tingkat Desa di Desa Aras Kabu Deli Serdang. Pelita Masyarakat, 3(1), 32–42.

Daempal, A. V., Saerang, I. S., & Untu, V. N. (2022). Optimalisasi Good Governance dalam Meningkatkan Pengelolaan Anggaran Dana Desa di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Desa Boloak). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 1751–1760.

Dewi, A. N., Gunawan, W., & Sutisna, J. (2021). Penerapan Prinsip Good Governance di Desa Sindanghaji Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka (Studi Pada Pengelolaan Dana Desa Di Desa Sindanghaji Tahun 2019). Jurnal Administrasi Pemerintahan (Janitra), 1(1), 40–54.

Dewi, R. C., & Suparno. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 7(1), 78–90.

Ediwijoyo, S. P., Yuliyanto, W., & Waluyo, A. (2020). Meningkatkan Pelayanan Publik di Desa Padureso Kec. Padureso Kebumen dengan Sosialisasi dan Penyuluhan Tata Kelola Administrasi Desa. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 354–363.

Herizal, Mukhrijal, M., & Wance, M. (2020). Pendekatan Akuntabilitas Pelayanan Publik dalam Mengikuti Perubahan Paradigma Baru Administrasi Publik. Journal of Governance and Social Policy, 1(1), 24–34.

Karinda, K., & Nursin, E. (2022). Sosialisasi E-Government bagi Perangkat Desa Tontoauan Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian KKN-MAS, 1, 7–14.

Kusuma, Y. A., & Bima, A. C. A. (2022). Pendampingan Pembuatan Video Profil Kelompok Peternak Sebagai Media Promosi Dalam Peningkatan Hasil Penjualan Olahan Susu Sapi. SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer), 26–33.

Kusuma, Y. A., & Bima, A. C. A. (2023a). Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Kekinian dalam Menunjang Proses Pengajaran yang Menyenangkan. ANDASIH : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–8.

Kusuma, Y. A., & Bima, A. C. A. (2023b). Pengenalan Penggunaan Media Penyimpanan Data Berbasis Internet dalam Mendukung Kegiatan Administrasi. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol., 4(1), 1–10.

Kusuma, Y. A., & Fandidarma, B. (2022). Pendampingan Pembuatan Mikrohidro sebagai Alternatif Penerangan Jalan Desa Kresek Kabupaten Madiun. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 46–53.

Kusuma, Y. A., & Sudarni, D. H. A. (2022). Pendampingan Pembuatan Digester Biogas Berbasis Portabel Sebagai Alternatif Bahan Bakar dan Penerangan Kandang. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 179–186.

Marpaung, I. S., Juniasih, T. E., Lona, R. T., & Harianja, N. (2021). Sosialisasi dan Pelatihan Tata Kelola Administrasi Pemerintahan Kelurahan Batunadua Jae Padangsidimpuan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radisi, 1(2), 50–56.

Purba, F. J. (2020). Penggunaan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 8(1), 24–28.

Putra, A. A., Widakdo, D. T., & Sasmita, R. F. (2022). Sosialisasi Sistem Informasi Desa Berbasis Web (Open Sid) Pada Desa Jati Indah Tanjung Bintang Lampung Selatan. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 21–28.

Putri, I. K. (2023). Penerapan Sistem Informasi Pelayanan Desa untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Publik dan Mewujudkan Smart Village pada Perangkat Desa Bungapati Kabupaten Luwu Utara. To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 631–638.

Rahmawati, I., Juwanda, H., Ginanjar, S. E., Anwar, & Surtiah, I. (2023). Sosialisasi Pelayanan Publik Dalam Pemerintahan Yang Baik (Good Governance) Terhadap Masyarakat Di Kelurahan Pasir Impun Kota Bandung. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 58–66.

Rosyada, A. A. (2016). Analisis Penerapan Prinsip Good Governance dalam Rangka Pelayanan Publik di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu di Kota Samarinda. Journal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 102–114.

Safelia, N., Friyani, R., Yulmardi, Y., & ... (2022). Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan Desa Yang Baik di Desa Jelutih Kecamatan Batin XXIV Kabupaten Batang Hari. Jurnal Innovasi, Teknologi, Dan Dharma Bagi Masyarakat (JITDM), 4(3), 72–76.

Saputra, N., & Nugroho, R. (2021). Good Governance Pada Pelayanan Publik: Sebuah Usulan Model Pengembangan Berbasis Perilaku. Jurnal MSDA (Manajemen Sumber Daya Aparatur), 9(1), 11–26.

Sidik, H. (2020). Meningkatkan Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai Penggerak Ekonomi Pedesaan di Desa Langensari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 21–30.

Sugiman. (2018). Pemerintah Desa. Binamulia Hukum, 7(1), 82–95.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tentang Desa, (2014).

Downloads

Published

29-06-2024