Inovasi Pembelajaran Melalui Pelatihan Ecoprint Pada Tote Bag Di Kelas 6 SDN 02 Longkeyang
DOI:
https://doi.org/10.54771/wh6qxt98Keywords:
● Pelatihan Ecoprint ● Totebag ● SDN 02 LongkeyangAbstract
Ecoprint merupakan teknik pencetakan yang bahannya dari alam sebagai pewarna dan juga sebagai motif. Teknik ini bahan alaminya memanfaatkan batang tanaman, daun, akar, buah dan bunga. Tujuan pengabdian ini untuk memperkenalan kepada siswa kelas 6 SDN 02 Longkeyang tentang membuat motif pada totebag dengan menggunakan teknik ecoprint. Metode pengabdian ini dilakukan secara tatap muka langsung atau learning by doing yang terdiri dari 2 tahapan yakni pemberian tutorial dan praktek. Hasil pengabdian ini menjelaskan bahwa pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2023 bertempat di SDN 01 Longkeyang. Pelatihan ini diawali dengan mengatur posisi duduk siswa. Siswa satu dengan lainnya duduk saling berhadapan urut bersaf dan menyiapkan alat beserta bahan yang sudah dibawa. Kemudian mahasiswa kelompok 27 KKN membagikan totebag ke masing-masing siswa. Kegiatan dilanjut dengan memberikan tutorial berupa langkah-langkah pembuatanya dan setelah itu siswa kelas 6 dipersilahkan untuk memulai membuat dan mempraktikannya sendiri dengan dibantu oleh mahasiswa-mahasiswa kelompok 27 KKN. Pelatihan ini berjalan dengan lancar dan baik, hal ini tergambar dari semangat dan antusias siswa kelas 6 SDN 02 Longkeyang ketika proses pembuatan motif pada totebag dengan teknik ecoprint. Dari hasil pelatihan ini siswa bisa membuat motif pada tote bag.
.
References
Anggraeni, R., & H, W. R. R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Poject Based Learning ( PJBL ) Pada Pelajaran IPAS : Teknik Eco Printing. Karimah Tauhid, 3(3), 2673–2684.
Arief Setyo Nugroho, Bambang Sumardjoko, & Anatri Desstya. (2023). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Melalui Karya Seni Ecoprint. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 762–777. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5120
Aulia, A. Y., Pratama, E. A., Fatchurahman, F., Prahara, E., Bellashatri, A., Rahmawati, M. A., & Akram, A. S. (2024). Pelatihan Ecoprint Untuk Mengembangkan Kreativitas Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu An-Najah. 2(1), 48–56.
Iim Halimatul Mu’minah, et al. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecoprint Pada Tote Bag Di Lingkungan Sekolah SATAQU Majalengka. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1957–1968. http://journal2.um.ac.id/index.php/jgp/article/view/23457/0
Kartika, S., Fadilah, I., & Lestari, A. S. (2024). Pelatihan Ecoprinting Untuk Menumbuhkan Kreatifitas Masyarakat Dan Meningkatkan Nilai Jual Suatu Barang Di Kampung Jaya Tinggi, Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan Kartika. JURNAL PENGABDIAN SOSIAL, 1(4), 241–245.
Maskur Musa, M., Maulana, G., Rihhadatul ’aisy, N., Arbaiyah, N. A., Ni’mah Nailia, F., Ula, M., Abdurrahman, U. K. H., & Pekalongan, W. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal dalam Menguatkan Daya Saing UMKM Sebagai Potensi Desa Longkeyang. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 51–55. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_if/article/view/3895
Rachmati Putri Agtary, et al. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecoprint Pada Tote Bag di RW 03 Kelurahan Pasar Kliwon. Semanggi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 40–47. http://journal2.um.ac.id/index.php/jgp/article/view/23457/0
Ragil Anandita, S., Saptiono, H., Rahmawati, R., Nasirudin, M., Nasrulloh, M. F., Wafa, M. A., Ashar, S., Atho, S., & Huda, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecoprinted Totebag sebagai Materi Prakarya Ramah Lingkungan bagi Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 61–65.
Ulin Naini, H. (2021). Penciptaan Tekstil Teknik Ecoprint Dengan Memanfaatkan Tumbuhan Lokal Gorontalo. Jurnal Ekspresi Seni Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 23(1), 2580–2208.
Zahra, F., Mahfirah, L., Asnawati, N. A., & Triana, T. (2024). Memanfaatkan Tumbuhan Sekitar Dalam Pelatihan Ecoprint Pada Siswa SD Negeri 062206 Kelurahan Tanah Seribu. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(1), 182–188.