Meningkatkan Pelayanan KIA Dan Kesehatan Reproduksi Melalui Telekonseling Pada Era Covid-19

Authors

  • Marni Br Karo STIKES Medistra
  • Ajeng Shifa Nurani STIKES Medistra
  • Renince Siregar STIKES Medistra
  • Tetty Rina Aritonang STIKES Medistra

DOI:

https://doi.org/10.54771/jpmbp.v2i02.309

Keywords:

Pelayanan; Telekonseling; KIA; Reproduksi; COVID 19

Abstract

Covid-19 atau Corona Virus Disease adalah wabah penyakit yang berasal dari daerah Wuhan di Negara Cina pada awal tahun 2020. Penyebarannya sangat luas sehingga dengan cepat sampai ke Negara Indonesia. Dalam menghadapi wabah bencana non alam COVID-19 ini dilakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk pencegahan penularan Covid-19. Kondisi ini menyebabkan dampak terhadap kelangsungan pelayanan kesehatan masyarakat, termasuk pelayanan KIA dan kesehatan reproduksi. Untuk itu, dalam menghadapi pandemi covid 19 ini. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pendidikan kesehatan kepada para masyarakat khususnya ibu hamil, bersalin, nifas, bayi dan balita, serta pasangan usia subur untuk memantau kesehatannya melalui telekonseling tanpa khawatir datang ke faskes diera covid-19 ini. Kegiatan diilaksanakan melalui metode daring (On line by Zoom Meeting) dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab kepada seluruh peserta. Hasil dari pengabdian ini, jika dilihat berdasarkan jumlah nilai pretest dan posttest adanya peningkatan pengetahuan masyarakat dari sebelumnya 49,6% menjadi 91,7%.  Hasil diskusi terdapat peningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pelayanan KIA dan kesehatan reproduksi melalui telekonseling pada era covid-19, Selain itu para masyarakat diharapkan  dapat  memahami tentang  meningkatkan pelayanan KIA dan kesehatan reproduksi  dan  dapat  memberikan  informasi kepada keluarga  dan khalayak khususnya ibu hamil, bersalin, nifas, bayi dan balita, serta pasangan usia subur.

Downloads

Published

30-12-2021