Peningkatan Pemahaman Dampak Teknologi Dan Pengaruhnya Terhadap Karir Siswa Di Era Industri 4.0 Di SMKN 14 Jakarta

Authors

  • Atika Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial, Universitas Binawan
  • Mari Esterilita Program Studi Kesejahteraaan Sosial, Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial, Universitas Binawan
  • Ervina Maulida Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial, Universitas Binawan

DOI:

https://doi.org/10.54771/jpmbp.v3i01.420

Abstract

Revolusi Industri 4.0 banyak merubah aspek dalam kehidupan manusia, salah satunya adalah adalah profesi dan pekerjaan. Digitalisasi dan penggunaan big data banyak menggeser profesi yang dilakukan oleh manusia kepada mesin atau robot. Menghadapi perubahan revolusi industri 4.0 remaja perlu memiliki pengetahuan dampak teknologi yang mumpuni untuk mempersiapkan karir di masa yang akan datang. Usia remaja yang dimaksud adalah masa dalam menentukan karir setelah lulus di bangku SMA/MA/ sederajat. Berdasarkan data hasil angket pre-test yang dikelola peneliti bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap dampak teknologi untuk mempersiapkan karir di era industri 4.0 masih cukup rendah. Tujuan kegiatan pengabdian Masyarakat ini adalah melakukan peningkatan pemahaman terkait dampak teknologi dan pengaruhnya terhadap karir. Metode yang digunakan adalah melalui kegiatan penyuluhan dan penyebaran angket Pre-Test dan Post-Test dan pembukaan Stand Karir kepada Siswa-Siswi. Adapun hasil kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah terdapat peningkatan pemahaman siswa terhadap dampak teknologi untuk mempersiapkan karir di era industri 4.0. Implikasi dari kegiatan PKM ini adalah siswa siswi SMKN 14 Jakarta mendapatkan pencerahan untuk semakin meningkatkan literasi teknologi dan memiliki perspektif terhadap pilihan karir di Era 4.0 dengan cara menerima berbagai informasi yang dijadikan dasar dalam memutuskan karir ke depan.

Downloads

Published

30-06-2022