Peningkatan Kesadaran Tentang Kesehatan Melalui Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Dasar

Authors

  • Sandra Afrizal Universitas Binawan
  • Yuniar Fajarianti Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Teknologi, Universitas Binawan, Jakarta
  • iis Ismiati Malihah Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Teknologi, Universitas Binawan, Jakarta
  • Umniya nabilla Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Teknologi, Universitas Binawan, Jakarta
  • Rugayyah Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Teknologi, Universitas Binawan, Jakarta
  • Dian Puspita Sari
  • Hanna ajeng kinasih Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Teknologi, Universitas Binawan, Jakarta
  • Mutiara Anjani Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Teknologi, Universitas Binawan, Jakarta
  • Ovi Riani Zulfaizah Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Teknologi, Universitas Binawan, Jakarta
  • Kartika Putri Larassati Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Teknologi, Universitas Binawan, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.54771/jpmbp.v4i02.850

Abstract

Wilayah Cakung Jakarta Timur memiliki berbagai masalah kesehatan anak usia sekolah seperti penularan infeksi dan kasus gangguan gizi yang masih tinggi. Masalah kesehatan tersebut disebabkan oleh kurangnya kesadaran untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dan menjaga pola makan dalam kehidupan sehari-hari. Peningkatan kesadaran tentang kesehatan tersebut perlu dilaksanakan sedini mungkin terutama pada jenjang sekolah dasar. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kesadaran siswa sekolah dasar melalui pemberian edukasi terkait pola makan dan perilaku hidup bersih dan sehat. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan melalui pemberian edukasi terkait gizi dan juga perilaku hidup bersih dan sehat menggunakan media video interaktif, poster dan leaflet. Hasil kegiatan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk memahami penerapan hidup bersih dan sehat serta memilih makanan yang sehat yang berimplikasi pada peningkatan pengetahuannya terkait topik yang disampaikan. Hal tersebut terlihat dari adanya perbedaan nilai pre-test (sebelum intervensi) dan post-test (setelah intervensi), dimana saat sebelum disampaikannya materi nilai pre-test sebagian besar baik dengan persentase sebesar 71,4% dan mengalami peningkatan setelah dilakukannya penyampaian materi pada post-test sangat baik dengan persentase 96,4%. Sementara hasil evaluasi perilaku hidup bersih dan sehat diperoleh perbedaan bermakna, yaitu 67,9% sebelum penyampaian materi dan meningkat sebesar 92,9% setelah penyampaian materi. Sebagai kesimpulan, pendidikan kesehatan sudah harus dimulai sejak dini untuk memberikan kesadaran tentang kesehatan dan diharapkan bisa menjadi penerus bangsa yang sehat dan kuat.

References

Abadi, S., Sulandjari, K., Nasution, N. S., Keguruan, F., Universitas, P., & Karawang, S. (2022). Penyuluhan Pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan Meningkatkan Asupan Gizi Seimbang pada Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyaraka, 1(11), 3123–3132.

Anggraeni, R., Feisha, A. L., Muflihah, T., Muthmainnah, F., Syaifuddin, M. A. R., Aulyah, W. S. N., … Rachmat, M. (2022). Edukasi perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan pengetahuan murid sekolah dasar. PROMOTIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 65. https://doi.org/10.17977/um075v2i12022p65-75

Budianti, N., & Hidayani, W. R. (2022). Faktor Risiko Kesehatan pada Anak Sekolah Dasar. Buletin Ilmu Kebidanan Dan Keperawatan, 1(01), 41–46. https://doi.org/10.56741/bikk.v1i01.40

Hanif, M. F., Ririanty, M., & Nafikadhini, I. (2019). Efektivitas Buku Saku PHBS di Sekolah dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Kesehatan, 6(2), 46–53. https://doi.org/10.25047/j-kes.v6i2.15

Julianti, R., Nasirun, & Wembrayarli. (2018). Pelaksanaan PHBS Di Lingkungan Sekolah. Ilmiah Potensia, 3(2), 11–17. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/2960/2681%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujph/article/view/5969%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JKKT/article/view/7778/7341

Kurniawan, A., Putri, R. M., & Widiani, E. (2019). Pengaruh Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Kelas IV dan V Sekolah Dasar. Journal Nursing News, 4(1), 100–111. https://doi.org/10.1021/BC049898Y

Kusumaningrum, S., Adhi, A. A., Siagian, C., & Laras Sari, W. (2021). Situasi anak-anak dan kaum muda di kota-kota di Indonesia.

Mallipu, A. (2021). Improving childhood nutrition in Indonesia through an innovative behavioural change programme. EBioMedicine, 66, 103292. https://doi.org/10.1016/j.ebiom.2021.103292

Muspita, Z., Lestarini, Y., Asri, I. H., & Ilhami, B. S. (2021). Penyuluhan Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat ( PHBS ) Pada Siswa Sekolah Dasar Desa Aikmel Kecamatan Aikmel Tahun 2021. Jurnal Abdi Populika, 02(2), 163–168.

Mustar, Y. S., Susanto, I. H., & Bakti, A. P. (2018). Pendidikan Kesehatan: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(21), 1–9.

Nurhidayah, I., Asifah, L., & Rosidin, U. (2021). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. The Indonesian Journal of Health Science, 13(1), 61–71. https://doi.org/10.32528/ijhs.v13i1.4864

Pranata, K., Dewi, H. L., & Zulherman. (2022). Efektivitas video animasi berbasis animaker terhadap perilaku hidup bersih dan sehat siswa sekolah dasar. Journal Tunas Bangsa, 9(1), 11–17. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/1723

Pratama, R., Putra, A., & Supinganto, A. (2021). Mewujudkan Generasi Peduli Sehat Di Masa Pandemi, 5(3), 1105–1112.

Saputri, M. E., Widiastuti, S., & Pamela, D. N. (2021). Pemeriksaan Gizi Pada Anak Usia Sekolah dan Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar Terpadu Al-Farabi Pondok Terong Cipayung Depok. Journal of Community Engagement in Health, 4(2620–3766), 82–85.

Sumarni, N., Rosidin, U., & Sumarna, U. (2020). Penyuluhan Kesehatan Tentang Jajanan Sehat di Sekolah Dasar Negeri Jati III Tarogong Kaler Garut, 3(2), 289–297.

Tabi’in, A. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat(Phbs) Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Covid 19. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 58. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3620

Wang, M., Han, X., Fang, H., Xu, C., Lin, X., Xia, S., … Tao, H. (2018). Impact of Health Education on Knowledge and Behaviors toward Infectious Diseases among Students in Gansu Province, China. BioMed Research International, 2018. https://doi.org/10.1155/2018/6397340

Wulandari, N., Margawati, A., & Rahfiludin, Z. (2021). The implementation of nutrition improvement programs for underweight children, wasting and stunting in the Department of Health, Central Buton district, Southeast Sulawesi. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 9(2), 86–96. https://doi.org/10.14710/jgi.9.2.86-96

Downloads

Published

17-03-2024