Pengaruh Empati Dan Daya Tanggap Terhadap Keputusan Memilih PAUD Sekolah Maitreyawira

Authors

  • Elisabeth Nainggolan Program Studi Manajemen, STIE Eka Prasetya
  • Irvan Rolyesh Situmorang STIE Eka Prasetya

DOI:

https://doi.org/10.54771/jmbd.v2i1.978

Keywords:

Empathy, Responsiveness, Choosing Decisions

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak dari tingkat empati dan daya tanggap terhadap keputusan orang tua dalam memilih Sekolah PAUD Maitreyawira sebagai tempat pendidikan anak mereka. Populasi penelitian mencakup semua orang tua peserta didik yang mendaftarkan anak-anak mereka di PAUD Sekolah Maitreyawira periode 2022. Melalui penggunaan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 192 responden. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa tingkat empati dan daya tanggap memiliki pengaruh positif dan signifikan secara individual terhadap keputusan memilih Sekolah PAUD Maitreyawira. Selain itu, hasil analisis juga menunjukkan bahwa secara bersama-sama, tingkat empati dan daya tanggap juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih Sekolah PAUD Maitreyawira. Hal ini diperkuat oleh nilai R square (R2), yang menandakan bahwa tingkat empati dan daya tanggap memiliki pengaruh yang berarti terhadap keputusan memilih Sekolah PAUD Maitreyawira.

 

Kata kunci: Empati, Daya Tanggap, Keputusan Memilih.

 

Abstract: This study aims to assess the impact of empathy and responsiveness on parents' decisions in choosing Maitreyawira PAUD School as their child's place of education. The study Population included all parents of students who enrolled their children in PAUD Sekolah Maitreyawira for the period 2022. Through the use of the Slovin formula with an error rate of 5%, a sample of 192 respondents was obtained. The results of the research analysis showed that the level of empathy and responsiveness had a positive and significant influence individually on the decision to choose Maitreyawira ECCE School. In addition, the results of the analysis also show that together, the level of empathy and responsiveness also has a positive and significant influence on the decision to choose Maitreyawira ECCE School. This is reinforced by the R square (R2) value, which indicates that the level of empathy and responsiveness has a significant influence on the decision to choose Maitreyawira PAUD School.

 

Keywords: Empathy, Responsiveness, Choosing Decisions.

References

Ahmad Zikri, M. I. H. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.

Akbar, H., Simanjuntak, M., & Asnawi, Y. H. (2022). Pengaruh Keputusan Pemilihan Pada Sekolah Islam Terpadu Terhadap Kepuasan dan Positive Word of Mouth. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 503–514. https://doi.org/10.17358/jabm.8.2.503

Andini, N. (2010). Analisis Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Orang Tua Murid Memilih Jasa Pendidikan Di SDIT Bina Insani Semarang. 1, 1–145.

Anggraini, M. D., Wahyuni, S., & ... (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekolah Terhadap Kepuasan Siswa SMA Negeri 1 Sumberlawang Kabupaten Sragen Tahun 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bisnis ….

Fimansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish Publisher.

Hadi, N., & Tarwan, O. (2019). Pengaruh Emphaty, Tangible, Responsiveness, Kedisiplinan Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat di Pemerintahan Desa. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 6(2), 1. https://doi.org/10.21043/bisnis.v6i2.4902

Isriana, N. H., Johan, R. S., & Riadi, R. M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Memilih Sekolah Di Sd Islam As-Shofa Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Memilih Sekolah Di Sd Islam As-Shofa. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(1), 1–14.

Kosasih, M. P. P. (2016). Keandalan, Daya Tanggap Dan Empati Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Di Princess Cosmetic. Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(2), 1–10.

Milla, H., & Dinda Febriola. (2022). Analisis Pengambilan Keputusan Memilih Masuk Program Studi Pendidikan Ekonomi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 149–158–149–158.

Nurcholiq, M. (2022). Pengembangan Dimensi Kualitas Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Insan Mulia Blitar. TaLimuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 11–20.

Sholikhan. (2021). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kualitas Layanan Sekolah Terhadap Kepuasan Siswa. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 5(2), 155–171.

Syahrial, H., & Rizan, M. (2017). Pengaruh Tangible, Empathy Dan Assurance Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Raden Auto Jakarta. Manajerial, 9(1), 41. https://doi.org/10.31479/m.v9i1.20

Syifa Aulia Nurfazrina, Heri Yusuf Muslihin, & Sumardi. (2020). Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Review). Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 285–299.

Wicaksono, D. A., Maharani, N., & Prakoso, N. I. S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Makan Geprek Jombang Di Kabupaten Jombang. Jurnal Orientasi Bisnis Dan Entrepreneurship (JOBS), 3(2), 85–96. https://doi.org/10.33476/jobs.v3i2.2865

Yunior, K. (2019). Pengaruh Daya Tanggap Dan Jaminan Terhadapkepuasan Pelanggan Di PT. Suriatama Mahkota Kencana Medan Cabang Katamso. JRAM:Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma, 6(2).

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Pengaruh Empati Dan Daya Tanggap Terhadap Keputusan Memilih PAUD Sekolah Maitreyawira. (2023). Jurnal Manajemen & Bisnis Digital, 2(1), 20-38. https://doi.org/10.54771/jmbd.v2i1.978