HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN KEPUASAN PERAWATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ABDI WALUYO
DOI:
https://doi.org/10.54771/cjzzxb83Keywords:
kepuasan pasien, komunikasi terapeutik, perawatAbstract
Komunikasi terapeutik merupakan keterampilan yang harus dimiliki perawat dalam memberikan asuhan keperawatan. Data kepuasan pasien terhadap perawatan yang diterima di Rumah Sakit Abdi Waluyo sudah memuaskan tetapi data secara spesifik mengenai komunikasi terapeutik perawat belum ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan perawatan pasien di Rumah Sakit Abdi Waluyo. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dan menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel dan penelitian ini adalah 166 responden. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas komunikasi terapeutik perawat dalam kategori baik (84,9%) dan pasien puas terhadap perawatan yang diterima (63,9%). Hasil analisis bivariat ditemukan adanya hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan perawatan pasien di Rumah Sakit Abdi Waluyo (p value = 0,000). Komunikasi terapeutik yang baik dapat meningkatkan kepuasan pasien. Pelatihan terkait komunikasi terapeutik penting untuk dilakukan secara rutin untuk meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Endang Sulistiyowati, Apriana Rahmawati, Nuniek Setyo Wardani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.