HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK  DENGAN KEPUASAN PERAWATAN PASIEN  DI RUMAH SAKIT ABDI WALUYO

Authors

DOI:

https://doi.org/10.54771/cjzzxb83

Keywords:

kepuasan pasien, komunikasi terapeutik, perawat

Abstract

Komunikasi terapeutik merupakan keterampilan yang harus dimiliki perawat dalam memberikan asuhan keperawatan. Data kepuasan pasien terhadap perawatan yang diterima di Rumah Sakit Abdi Waluyo sudah memuaskan tetapi data secara spesifik mengenai komunikasi terapeutik perawat belum ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan perawatan pasien di Rumah Sakit Abdi Waluyo. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dan menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel dan penelitian ini adalah 166 responden. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas komunikasi terapeutik perawat dalam kategori baik (84,9%) dan pasien puas terhadap perawatan yang diterima (63,9%). Hasil analisis bivariat ditemukan adanya hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan perawatan pasien di Rumah Sakit Abdi Waluyo (p value = 0,000). Komunikasi terapeutik yang baik dapat meningkatkan kepuasan pasien. Pelatihan terkait komunikasi terapeutik penting untuk dilakukan secara rutin untuk meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit.

Downloads

Published

2025-05-29

Issue

Section

Articles