PARTISIPASI IBU DALAM KEGIATAN FAMILY DEVELOPMENT SESION ( FDS ) MODUL KESEHATAN DAN GIZI ANAK PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN ( PKH ) DI KECAMATAN JOHAR BARU KELURAHAN TANAH TINGGI

Authors

  • Rahmat Rahmat
  • Hastin Trustisari
  • Mar Esterilita

Abstract

Abstrak: Fenomena yang terjadi di Kecamatan Johar Baru Kelurahan Tanah Tingi, berdasarkan pemantauan Posyandu yang dilakukan peneliti pada priode Oktober dan Desember 2022  masih terdapat anak dengan kondisi berat badan berada di bawah garis hijau atau berat badan ideal. Sehingga berdampak pada kondisi kesehatan anak yang dapat menyebabkan gizi buruk pada anak.  Dan beberapa fenomena lain ditemukan seperti ibu menyususi tidak pada pelekatan yang baik sehingga memengaruhi kondisi kebersihan sentuhan kulit antara mulut anak dan kulit ibu. 

            Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara faktual tentang pola kegiatan Family Development Session ( SDS ) modul kesehatan dan gizi anak. Serta peran ibu dalam pemberian gizi terhadap ibu hamil dan anak balita di Kelurahan Tanah Tinggi Kecamatan Johar Baru Kota Administrasi Jakarta Pusat, mencakup aspek  pentingnya gizi dan layanan kesehatan ibu bagi ibu hamil,  pentingnya gizi ibu menyusui dan pemberian ASI Ekslusif pada bayi dan kesakitan pada anak dan kesehatan lingungan.

            Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Penentuan informan dengan melihat keaktifan dalam FDS dengan kondisi ibu yang sedang hamil dan Ibu yang memiliki anak balita, dengan jumlah lima informan yang terdiri dari dua orang ibu yang sedang hamil dan tiga orang ibu yang memiliki anak balita. Untuk perbaikan Kegiatan FDS perlu dilakukan monitiring secara berkala oleh pendamping sosial agar yang telah dipelajari dalam kegiatan FDS dapat dijalankan oleh Ibu penerima manfaat sebagai upaya pencegahan gizi buruk dan stunting pada anak.

            Hasil penelitian menunjukan, 1. ibu yang tidak aktif FDS hanya memahami kesehatan dan gizi bagi anak berdasarkan pengetahuan turun menurun, 2. ibu yang aktif mengikuti FDS mengetahui kesehatan dan gizi anak namun perlu motifasi lebih mendalam karena kondisi pekerjaan. 3. ibu lain yang aktif mengikuti FDS memahami kesehatan pada dan gizi anak serta cendrung mengimpelentasikannya. Hal tersebut akan mempengaruhi pola asuh ibu kepada anak balitanya sehingga dapat berpengaruh terhadap perkembangan anak.

 

Kata Kunci : Partisipasi Ibu, FDS Modul Kesehatan dan Gizi. PKH

 

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

PARTISIPASI IBU DALAM KEGIATAN FAMILY DEVELOPMENT SESION ( FDS ) MODUL KESEHATAN DAN GIZI ANAK PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN ( PKH ) DI KECAMATAN JOHAR BARU KELURAHAN TANAH TINGGI. (2023). Jurnal Ilmu Pekerjaan Sosial, 2(1), 38-51. https://journal.binawan.ac.id/JULIPS/article/view/1022