PENILAIAN ANAK PENYANDANG DISABILITAS RUNGU WICARA TENTANG PENTINGNYA PENGURANGAN RISIKO BENCANA GEMPA BUMI DI SLB-B NEGERI CICENDO KOTA BANDUNG
Abstract
Pelibatan penyandang disabilitas dalam penanggulangan bencana sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko bencana. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran penilaian anak penyandang disabilitas rungu wicara terhadap pengenalan bencana dan pemantauan risiko bencana, perencanaan partisipatif penanggulangan bencana, pengembangan budaya sadar bencana, peningkatan komitmen terhadap penanggulangan bencana; dan penerapan upaya fisik, nonfisik dan peraturan penanggulangan bencana.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penelitian deskriptif. Peneliti melakukan pemilihan responden dengan menggunakan sensus, dimana seluruh jumlah anggota populasi dijadikan sampel. Jumlah responden yang diambil adala 53 murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui teknik angket dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian para murid terhadap upaya pengurangan risiko bencana di sekolah dapat dikatakan positif. Para murid merasa harus lebih mengetahui mengenai upaya pengurangan risiko bencana. Mereka bersedia untuk turut serta dalam kegiatan pengurangan risiko bencana. Penelitian di SLB-B Negeri Cicendo, Bandung, menunjukkan bahwa anak penyandang disabilitas rungu wicara memiliki pemahaman yang baik terhadap risiko bencana dan menunjukkan komitmen tinggi terhadap peran mereka dalam penanggulangan bencana. Dukungan positif juga terlihat dalam partisipasi mereka dalam perencanaan, pengembangan budaya sadar bencana, dan antusiasme terhadap berbagai upaya penanggulangan bencana di sekolah. Meskipun demikian, diperlukan perhatian lebih untuk memastikan keterlibatan mereka yang proporsional dan efektif dalam semua aspek penanggulangan bencana