Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Response Time Pasien IGD
Analysis Of Factors Affecting Patient Satisfaction With Response Time Patient Emergency Room
DOI:
https://doi.org/10.54771/bsj.v5i3.1338Keywords:
Patient Satisfaction, Response Time, Emergency RoomAbstract
Kepuasan pasien merupakan suatu indikator paling penting dalam kualitas pelayanan rumah sakit. Response time perawat merupakan gabungan dari waktu tunggu atau waktu respon saat pasien tiba di depan pintu rumah sakit. Response time merupakan periode dimana pasien masuk sampai mendapatkan response dari petugas gawat darurat dengan waktu pelayanan yaitu waktu yang diperlukan pasien sampai selesai. Waktu tunggu yang terlalu lama akan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan desain survei analitik dengan pendekatan coss sectional. Besar sampel 90 responden. Data kepuasan pasien dan response time dikumpulkan dengan kuesioner. Hasil Analisa menunjukkan tingkat kepuasan pasien di Instalasi IGD RSI Wonosobo sebanyak 90,23%. Analisis multivariat didapatkan p value <0,05 ada hubungan faktor-faktor kepuasan pasien terhadap response time. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap response time yaitu prosedur pelayanan yang tidak berbelit-belit, kelengkapan dan kejelasan informasi, waktu tanggap pasien dan fasilitas umum yang tersedia.