Gambaran Kepuasan Tenaga Kesehatan Terhadap Penggunaan Sistem Rujukan Terintegrasi Instalasi Gawat Darurat

Health Workers’ Satisfaction In Using Integrated Referral System (Sisrute) In Emergency Department

Authors

  • Anisa Banuwati Program Studi Ilmu Keperawatan FKKMK UGM
  • Happy Kusumawati Departemen Keperawatan Dasar dan Emergensi FKKMK UGM
  • Sutono Departemen Keperawatan Dasar dan Emergensi FKKMK UGM

DOI:

https://doi.org/10.54771/bsj.v5i3.1340

Keywords:

Emergency, SISRUTE, Webqual 4.0

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan dinilai dari kepuasan pemakai jasa layanan kesehatan, salah satunya penggunaan sistem rujukan di fasilitas kesehatan. Sistem Rujukan Terintegrasi (SISRUTE) merupakan digitalisasi rujukan berjenjang dengan tujuan utama mempercepat proses rujukan. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi kepuasan tenaga kesehatan Instalasi Gawat Darurat (IGD) terhadap penerapan SISRUTE. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan tenaga kesehatan dalam menggunakan SISRUTE di IGD RS D.I Yogyakarta. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan sampel 111 responden tenaga kesehatan di enam IGD RS di D.I Yogyakarta. Kepuasan tenaga kesehatan diukur menggunakan kuesioner Webqual 4.0 dengan skala likert. Kuesioner dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan hasil akhir 20 pernyataan yang valid dan reliabel. Hasil dari penelitian ini meliputi nilai kepuasan rata - rata variabel kualitas kegunaan sebesar 3,33, kualitas informasi sebesar 3,50, dan kualitas interaksi layanan sebesar 3,40. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu variabel kualitas kegunaan dirasa cukup memuaskan, kualitas informasi dan kualitas interaksi layanan dirasa memuaskan.

 

Downloads

Published

2023-12-30

Issue

Section

Articles