Pengaruh Metode TGT (Team Games Tournament) Terhadap Pengetahuan Gizi Dan Asupan Gizi Pada Remaja Obesitas

The Effect Of TGT (Team Games Tournament) Method On Nutrition Knowledge And Nutrition Intake In Obesity Adolescents

Authors

  • Ananda Egy Saputri Fakultas Ilmu Kesehatan dan Teknologi, Universitas Binawan
  • Angga Rizqiawan Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro
  • Renan Prasta Jenie Fakultas Ilmu Kesehatan dan Teknologi, Universitas Binawan

DOI:

https://doi.org/10.54771/rjsn0194

Keywords:

Gizi Seimbang, Metode TGT (Team Games Tournament), Pengetahuan

Abstract

Obesitas salah satu permasalah gizi yang terjadi karena ketidakseimbangan antara jumlah energi yang dikonsumsi terlalu besar daripada jumlah energi yang dikelurkan. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap penyebab obesitas remaja yaitu faktor individu, lingkungan dan genetika. Penelitian bertujuan menganalisis perubahan pengetahuan dan asupan gizi dengan metode TGT (Team Games Tournament) pada remaja obesitas di SMKN 24 Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-Experimental rancangan nonequivalent control group design. Sebanyak 58 siswa-siswi SMK berpartisipasi pada penelitian ini. Responden dibagi 2 kelompok, kelompok TGT sebagai kelompok intervensi dan kelompok leaflet sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data pengetahuan pretest pada kedua kelompok dilakukan pada minggu ke-1 dan posttest untuk kelompok leaflet dilakukan pada minggu ke-2 sedangkan untuk kelompok TGT dilakukan pada minggu ke-3. Data asupan awal didapatkan melalui wawancara Food Recall 2 x 24 jam sebelum dan setelah intervensi. Analisis data kedua kelompok menggunakan uji Independent Sample T-test dan uji Mann-Whitney, sedangkan dalam satu kelompok menggunakan uji Paired Sample T-test dan uji Wilcoxon. Hasil analisis statistik menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan pengetahuan (p=0,000) pada kelompok TGT sebelum dan sesudah intervensi. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada asupan energi (p=0,759), asupan lemak (p=0,271), dan konsumsi gula (p=0,704) sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok TGT. Edukasi menggunakan metode TGT terbukti efektif.

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles