Efektifitas Peer Group Education Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Anemia Pada Remaja Putri Di Pondok Pesantren
The Effectiveness Of Peer Group Education On The Knowledge And Attitude Of Anemia In Adolescent Women In The Boarding School
DOI:
https://doi.org/10.54771/pffky341Keywords:
anemia , edukasi, peer group, pengetahuan gizi, sikapAbstract
Anemia pada remaja merupakan masalah kelaparan tersembunyi yang berdampak pada kondisi malnutrisi (gizi kurang) generasi selanjutnya. Anemia akibat kekurangan asupan zat gizi mikro yaitu zat besi dapat disebabkan oleh rendahnya pengetahuan dan sikap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas edukasi melalui teman sebaya (peer group education) terhadap pengetahuan dan sikap terkait anemia pada remaja putri di Pondok Pesantren Awwaliyah Al-Asiyah Cibinong. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental dengan pretest-posttest control group. Sebanyak 60 santri putri di Pondok Pesantren Awwaliyah Al-Asiyah direkrut pada penelitian ini. Responden terdiri dari 4 edukator (pemberi pengetahuan) dan 56 responden yang dibagi rata menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok peer group sebagai kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap pada kelompok peer group (intervensi) dan terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan dan sikap (p-value <0,05). Pada kelompok kontrol terdapat peningkatan pada pengetahuan dan penurunan pada sikap, namun perbedaan tersebut tidak signifikan (p-value >0,05). Edukasi menggunakan metode peer group efektif dilakukan pada remaja, karena penyampaian informasi melalui teman sebaya dapat mencegah timbulnya rasa malu, takut, ataupun gugup untuk menyampaikan pendapat.