Hubungan Tingkat Stres Akademik dan School Well-Being yang di Moderasi oleh Konseling Kelompok pada Siswa SMP Kelas 3

Authors

  • Anna Mariani Kartasasmita Program Studi Psikologi, Universitas Binawan

Keywords:

Stres akademik, konseling kelompok, school well being

Abstract

Abstract: The aim of this research is to determine the effect of academic stress on school well being. This research is quantitative research with a correlational approach (looking at the relationship between variables). The data collection method used to obtain data from the three variables (Academic Stress Level, School Well Being and Group Counseling). The subjects of this research were 87 grade 3 students at XYZ Middle School in Jakarta. The results of this research are that there is a negative relationship between the level of academic stress and school well being. Group counseling is a moderator variable that can weaken the relationship between academic stress and school well being.

 

Key words: Academic stress, group counseling, school well being.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh stres akademik terhadap school well being. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional (melihat hubungan antar variable). Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data dari ketiga variable (Tingkat Stres Akademik, School Well Being dan Konseling Kelompok). Subjek penelitian ini adalah 87 siswa kelas 3 SMP XYZ yang berada di Jakarta. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bersifat negatif antara tingkat stres akademik dengan school well being. Konseling kelompok merupakan variabel moderator yang dapat melemahkan hubungan stres akademik terhadap school well being.

 

Kata kunci: Stres akademik, konseling kelompok, school well being.

Downloads

Published

2022-12-16