STUDI KASUS: PERSPEKTIF GENERASI MUDA TERHADAP TEMPE MELALUI SOSIAL MEDIA
DOI:
https://doi.org/10.54771/bsj.v4i3.800Keywords:
Kata kunci: Generasi Muda, Perspektif, Sosial Media, TempeAbstract
Tempe merupakan salah satu makanan budaya Indonesia yang sudah menjadi budaya sejak lama. Tempe memiliki banyak manfaat baik dari segi gizi, kesehatan, ekonomi, dan budaya. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan metode survei dan pengisian kuesioner secara online dan mandiri. Penelitian ini dilakukan dari bulan Agustus sampai September 2022 yang dilakukan secara online. Survei dilakukan secara online dengan total responden 189 orang usia maksimal 30 tahun. Data diolah dengan menggunakan program komputer Microsoft Excel 2019. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan inferensia. Analisis deskriptif dinyatakan dalam bentuk persentase dan rata-rata. Hasil penelitian diperoleh responden paling banyak pada penelitian ini yaitu usia 20-35 tahun (58,20%), perspektif responden mengenai tempe secara umum diantaranya tempe merupakan makanan budaya khas Indonesia (96,83%), bergizi tinggi (98,94%), superfood (84,66%), harga yang murah dan terjangkau (100%), dapat memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat (91,01%). Sebanyak 94,18% responden pernah menggunakan tempe dalam perayaan, sebanyak 96,30% responden mengaku bangga dengan tempe dan 98,41% responden berpendapat bahwa pelestarian budaya tempe perlu untuk dilakukan. Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa generasi muda memiliki perspektif bahwa tempe merupakan salah satu makanan budaya Indonesia yang memiliki banyak manfaat, dan bangga terhadap tempe.