PENGARUH MEDIA E-BOOKLET TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN PRAKTIK PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI

E-Booklet Media Effect on Changes in Knowledge and Practices of Weaning Food

Authors

  • Gusti Kumala Dewi Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Teknologi, Universitas Binawan
  • Yovani Yovani Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Teknologi, Universitas Binawan

DOI:

https://doi.org/10.54771/jakagi.v2i2.494

Keywords:

e-booklet, edukasi gizi, MP ASI, pengetahuan gizi, praktik gizi

Abstract

Indonesia mempunyai tiga beban masalah gizi (triple burden) yaitu gizi buruk, stunting dan obesitas. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah MP ASI pada balita, yang akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan balita. Rendahnya pengetahuan ibu memiliki peran penting dalam asupan makan balita karena akan menghasilkan menu yang kurang baik. Usaha untuk meningkatkan pengetahuan dan praktik pemberian MP ASI dilakukan pemberian edukasi dengan media e-booklet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media e-booklet terhadap perubahan pengetahuan dan praktik pemberian MP ASI di Kecamatan Pangkalan Kerinci. Desain studi adalah desain ekperimental semu dengan rancangan pretest-postest without control group desain. Populasi adalah semua ibu yang memiliki balita usia 6-24 bulan di Posyandu Kecamatan Pangkalan Kerinci. Sampel adalah 60 ibu yang dipilih dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pengetahuan dan praktik pemberian MP ASI sebelum dan setelah diberikan edukasi dengan media e-booklet (p<0,05). Mean skor pengetahuan meningkat 2,5 dan praktik meningkat 2,13. Dari hasil disimpulkan bahwa ada pengaruh media e-booklet terhadap perubahan pengetahuan dan praktik pemberian MP ASI di Posyandu Kecamatan Pangkalan Kerinci.

References

Ahmad, A. (2019). Pengetahuan, sikap, motivasi ibu, dan praktik pemberian MP-ASIpada balita usia 6-23 bulan: studi formatif di Aceh. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 1-13.

Fauziyyah, F. I. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Makanan Pendamping Asi (Mp Asi) Di Desa Kenep Kabupaten Sukoharjo. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Notoatmodjo. (2012). promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Oktaviani. (2017). gambaran pengetahuan ibu tentang pemberian makanan pendamping ASI terhadap status gizi balita usia 0-12 bulan di puskesmas lubuk ambacang kabupaten kuantan singingi . Pekanbaru: POLTEKKES KEMENKES RIAU (tidak dipublikasi).

Oktova, r. (2017). determinan yang berhubungan dengan pemberian MP ASI dini pada bayi usia 0-6 bulan. jurnal kesehatan volume VIII, nomor I, 84-90.

Pakar Gizi Indonesia. (2016). Ilmu Gizi: Teori & Aplikasi. Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Permatasari, D. I. (2019). Hubungan tingkat pengetahuan Ibu dengan Pemberian MP ASI pada Bayi Usia Kurang 6 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Gemarang. Madiun: Stikes Bakti Husada Mulia.

Persatuan Ahli Gizi Indonesia. (2010). Penuntun Konseling Gizi. Jakarta: PT. Abadi.

Puspitasari, A. G. (2018). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Pemenuhan Gizi Seimbang Balita dengan Status Gizi Balita Usia 1-3 Tahun (Toodler) di Posyandu Desa Ngiliran Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan. Repository Stikes BHM.

Roza. (2012). media gizi booklet. Padang: Poltekkes kemenkes RI padang.

Sari, R. K. (2009). peningkatan pengetahuan tentang MP ASI sesudah diberi penyuluhan dengan media booklet dikelurahan lawang kecamatan gatak kabupaten sukaharjo surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Sitepu. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bangung: PT Remaja Rosdakarya.

Suiraoka, P. (2012). media pendidikan kesehatan. Yogyakarta: Graha ilmu.

Sumarningsih. (2015). pengaruh edukasi keluarga tentang pencegahan dan penanganan tersedak pada balita terhadap pengetahuan dan keterampilan keluarga dusun ngebel RT 09 tamantirto kasihan bantul. Yogyakarta: STIE Aisyiyah.

WHO. (2000). complementary feeding : family foods of breastfed children. Perancis: FSG Medi Media Ltd,pp:1-23.

WHO. (2006). Complementary feeding: family foods of breastfed children. perancis: FSG media Ltd.

WHO. (2009). Guidelines on Hand Hygiene in Health Care. Library Cataloguing-inPublication.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1-10 of 44

You may also start an advanced similarity search for this article.