HUBUNGAN BODY IMAGE DAN DIET TERHADAP STATUS GIZI REMAJA PUTRI DI SMK ANALIS KESEHATAN TUNAS MEDIKA

  • Gusti Kumala Dewi Program Studi Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Binawan
  • Esa Zilda Adriyanti Program Studi Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Binawan
Keywords: body image, perilaku diet, status gizi

Abstract

Remaja putri biasanya kurang puas terhadap bentuk tubuhnya dan memiliki persepsi body image yang negatif. Persepsi terhadap body image dapat menjadi faktor tidak langsung terhadap status gizi individu. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan persepsi body image dan perilaku diet dengan status gizi remaja putri di SMK Analis Kesehatan Tunas Medika Jakarta Timur.  Hasil data Riskesdas (2018) menunjukkan bahwa prevalensi status gizi remaja di Indonesia usia 16-18 tahun sebanyak 1,4% sangat kurus, 6,7% kurus, 78,3% normal, 9,5% gemuk dan 4,0% obesitas. Sementara itu survey awal yang telah dilakukan penulis pada remaja putri di SMK Analis Kesehatan Tunas Medika Jakarta Timur menunjukan sebanyak 75% remaja putri memiliki status gizi normal, 15% memiliki status gizi gemuk dan 5% memiliki status gizi obesitas. Namun belum diketahui apakah persepsi body image dan perilaku diet memiliki pengaruh dengan status gizi pada remaja putri di SMK Analis Kesehatan Tunas Medika Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dan analisis data menggunakan chi-square. Dari 50 responden yang diteliti, sebagian besar responden memiliki status gizi normal (62%), persepsi body image yang positif (64%) dan perilaku diet yang sehat (70%).  Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan signifikan antara persepsi body image (p-value: 0,000) dengan status gizi remaja putri dan tidak ada hubungan signifikan antara perilaku diet (p-value: 0,127) dengan status gizi remaja putri.

References

Abdurrahman, F. Faktor-faktor Pendorong Perilaku Diet Tidak Sehat pada Wanita Usia Dewasa Awal Studi Kasus pada Mahasiswi Universitas Mulawarman. ejournal Psikologi 2 (2): 163-170; 2014

Dieny, Fillah F. Permasalahan Gizi pada Remaja Putri. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2014

Fatima, W. Alqhatani, N S M. Ahmad, L.M. Assessment of Nutritional Status and its Related Factors among Female Adolescent Girls: A School based Study in Arar city, Kingdom of Saudi Arabia. International Journal of Medical Research & Health Sciences 2019; 8(2): 133-144.

Handayani, LT. Rozi, IF. Pengaruh Diet Menurunkan Berat Badan terhadap Status Nutrisi pada Remaja Atas Usia 18-22 Tahun di Universitas Muhammadiyah Jember. The Indonesian Journal of Health Science 2011; 1 (2).

Kusuma, Muhammad, RH, Krianto, T. Pengaruh Citra Tubuh, Perilaku Makan dan Aktivitas Fisik terhadap Indeks Masa Tubuh pada Remaja:Studi Kasus pada SMA Negerti 12 DKI Jakarta. Jurnal perilaku dan promosi kesehatan. 2018; 1 (1) 23-31.

Notoatmodjo, S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010

Rahmadani Puput, AA. Hubungan Citra Tubuh terhadap Perilaku Diet pada Remaja Putri. [Skripsi] Jombang: Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Insan Cendekia Medika; 2017.

KEMENKES RI. Hasil Utama RISKESDAS. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan; 2018

Salsabilla, H et al. Hubungan Citra Tubuh dengan Status Gizi pada Remaja di STIKes Mitra Keluarga. Nutrire Diatita 2018; 10 (1) 66- 74.

Sekretariat Badan Litbang Kesehatan, K. K. Laporan nasional riskesdas; 2018

Verawati, R. Hubungan Antara Body Image dengan Pola Makan dan Status Gizi Remaja Putri di SMP Al Islam 1 Surakarta. [Naskah Publikasi]. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2015.

WHO. Nutrition for Health and Development. WHO, Geneva; 2000.

Published
2020-12-30
Section
Articles